Kandungan pada Buah dan Sayur Berdasarkan Warna

1. Merah

Merah pada buah-buahan mengandung Likopen dan Antosianin. Likopen berfungsi untuk menghambat kemunduran fisik dan mental sehingga tidak mudah pikun. Likopen juga berfungsi untuk mencegah berbagai macam penyakit kanker. Sedangkan antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih. Buah-buahan yang berwarna merah seperti tomat, jambu biji merah, semangka dan stroberi. Sayuran yang berwarna merah adalah seperti kol merah, bayam merah dan terung. Pigmen pada jenis sayuran ini mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antikanker. Bahkan kol merah yang disantap mentah mengandung senyawa fitokimia dan vitamin C yang lebih banyak dari kol putih.

2. Putih

Kandungan serat dan vitamin C pada buah yang berwarna putih seperti leci, sirsak, kelengkeng dan duku cukup tinggi. Buah-buahan yang berwarna putih ini tidak mengandung banyak antioksidan, namun mereka banyak mengandung serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar buang air besar. Sayuran yang berwarna putih seperti taoge, kembang kol, sawi putih, rebung ,jamur dan kol. Taoge sebaiknya dimakan mentah atau setengah matang agar vitamin E dan C nya tidak hilang. Jamur, kol, dan kembang kol sarat akan senyawa antikanker.

3. Hijau

Buah yang berwarna hijau mengandung asam alegat yang dapat menggempur bibit sel kanker apapun. Asam alegat yang dikandung oleh buah-buahan warna hijau ini juga dapat membantu menormalkan tekanan darah karena mengandung kalium. Buah-buahan yang berwarna hijau contohnya anggur hijau, melon dan alpukat.Contoh sayuran yang berwarna hijau sangat banyak karena sebagian besar sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, caisim dan lainnya. Sayuran ini mengandung vitamin C dan B Kompleks. Jenis sayuran ini juga banyak mengandung kalsium, zat besi, fosfor, betakarotin, serat dan magnesium. Kekurangan sayuran hijau dapat menyebabkan kulit kasar dan bersisik.

4. Kuning

Buah-buahan yang berwarna kuning seperti nanas, pisang dan belimbing mengandung banyak kalium. Kalium dapat mencegah stroke dan jantung koroner. Nenas juga ternyata dapat membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan radang. Sayuran yang berwarna kuning seperti jagung muda dan paprika diyakini mampu memerangi serangan jantung, stroke dan katarak.

5. Jingga

Buah yang berwarna jingga mengandung betakarotin yang menghambat proses penuaan sel. Buah yang berwarna jingga seperti jeruk, melon jingga dan pepaya. Betakarotin bekerja meremajakan sel-sel tubuh kita yang semakin lama, semakin tua.  Betakarotin yang ada dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang memacu sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.Sayuran yang berwarna jingga juga kaya akan betakarotin. Sayuran yang berwarna jingga seperti wortel, ubi jalar jingga dan labu kuning. Wortel juga kaya akan kalsium pektat yang berfungsi menurunkan kadar lemak dalam darah. Baik buah dan sayuran yang berwarna jingga mengandung vitamin A.

Sumber : M-Times Makassar ( Edisi Maret-April 2011)

 

About these ads

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Healthy Life. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s