Wisata Kuliner : RM Pelangi

Kata orang, makanan paling enak adalah makanan di Kota Makassar ( kalau di akte kelahiran saya, Ujung Pandang ). Ternyata di Jakarta tidak sulit menemukan masakan khas kota Makassar yang diwarnai masakan etnis-etnis besar yang ada di sana : Makassar, Bugis, Toraja, Palopo dan Chinese. Umumnya, rumah makan Makassar yang saya ketahui ada di Boulevard Kelapa Gading. Di sana anda bisa menemukan rumah makan khas Makassar yang berjejer. Selain itu, ada beberapa di daerah Tebet, Casablanca dan lain-lain. Namun, rasanya yang lengkap yang ada di Kelapa Gading.

Suatu ketika, saya menyusuri Jalan Wahid Hasyim sepulang dari Beauty Class yang diikuti saya dan teman saya. Secara kebetulan saya melihat papan yang bertulis : RM Pelangi Seafood. Saya pernah mendengar nama rumah makan ini dan direkomendasikan oleh orang Makassar sendiri ( jadi terpercaya lah ya). Yang direkomendasikan adalah Mie titi nya. Hari ini saya merealisasikan rencana kuliner saya ke rumah makan tersebut.

Sepanjang jalan Wahid Hasyim, ada beberapa restoran seperti Rumah Makan Jawa Timur yang menjual Tahu telor, tahu campur, rujak juhi dan masakan Jawa Timur lainnya. Ada juga restoran yang bernama Rumah Makan China Moslem, ada juga Abuba steak yang tepat di samping Alibaba Steak. Ada juga beberapa restoran lain yang saya lupa namanya :D dan ada juga tenda bakmi Semarang. RM khas Makassar selain menjual masakan khas Makassar, Toraja, Bugis ataupun Palopo , ada juga yang menyediakan Chinese food khas Makassar.

RM pelangi menyajikan makanan yang populer di Makassar dan juga Chinese food. Kali ini saya dan partner kuliner saya mencoba Nasi goreng merah ( khas Makassar tentunya) dan Mie titi yang direkomendasikan tersebut.

Mie Titi

Nasi Goreng Merah

Seperti masakan Indonesia lainnya, porsi makanan di sini cukup besar sehingga rasanya mustahil orang yang mencicipinya masih merasakan lapar. Tempatnya tidak besar tetapi nyaman dan cukup ramai, sehingga sedikit banyak menunjukkan kualitasnya. Nasi goreng merah ini seperti nasi goreng lainnya, menggunakan bumbu khas nasi goreng, sea food dan menurut saya (CMIIW) warna merah ini dari saus yang berwarna merah. Rasanya perfecto!

Mie titi mirip dengan ifumie hanya saja mie nya lebih kecil. Disajikan dengan seafood seperti udang dan cumi, sawi, tahu dan bakso ikan rasanya enak. Bahkan saya lebih menyukai mie titi daripada ifumie. Selain di Wahid Hasyim, RM Pelangi juga ada di Tanjung Duren ( Jl. Ruko Kemuning Green Ville Blook A5 No.34 ) dan Kelapa Gading ( Jl. Boulevard Raya Blok TA2 21). Sedangkan di Wahid Hasyim, Menteng beralamat di Jl. Wahid Hasyim 108 A.

Selain Mie titi dan Nasi goreng Merah, terdapat banyak pilihan menu lainnya di restoran ini : berbagai seafood, makanan favorit makassar, masakan tradisional yang kebanyakan ikan, chinese food yang berbagai macam : sup, seafood,ayam, sapi dan sayuran. Jadi, jika anda yang berdomisili di Jakarta Pusat atau sekitar Wahid Hasyim, anda bisa mencoba menu di restoran ini. Kalau naik busway, turun di shelter Sarinah kemudian naik bajaj atau menyusuri Jl. Wahid Hasyim. Yang membuat makin terasa Makassar adalah pemilik dan pelayan di restoran ini masih berdialek Makassar ( feels like in Jayapura or Toraja and also Makassar :D )

Akhir kata, silahkan menikmati :)

Daftar Menu :

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s