Rasisme….

Waktu SLT, entah dah lupa pertemuan ke berapa…
Sang pembicara (Bang Taor) ngomongin masalah rasisme…
Gak tanggung2… langsung ke rasisme dalam mencari TH (Anak muda banget…)

Seringkali hampir selalu, dalam mencari TH kita selalu nyari yang sesuku…
Entah kita, entah disuruh mak ama bapak….
Alasannya sih… biar mudah diterima keluarga, biar mudah menyesuaikan diri…
Kan kita dah tau tabiat orang suku kita…
Jadi kalo dapat yang sesuku dah mudah kenal tabiatnya…

Tapi kalo bule…
mau2 aja… (seperti yang diberikan contoh oleh B’Taor…)
Pertanyaannya, apakah berbeda di mata kita suku bangsa yang “lain” dengan bule….
Mmmmm…..
mungkin ini salah satu contoh rasisme….

Pernah suatu saat gw YM-an dengan seseorang…
yang jujur, gw belom ketemu face-to-face walopun satu almamater…
tapi beda prodi n angkatan…
kira-kira begini hasil YM-an gw n oknum itu (Sebut saja X)
(Buat oknum X, kalo ngeliat blog ini, minta izin untuk lampirinnya lewat ini aja ya….
wkwkwkwk…
Thx b4…)

X: Gy dr kraton ngajogjakarta, hehe:D
X: Jauh y hehe
joice_yusriani: oh wong jogja?
X: Hahaha19x
joice_yusriani: ortu di mana?
X: Ga bt TP lg…:D
joice_yusriani: ?
joice_yusriani: maksudnya?
X: Ga bt TP lg…:D
joice_yusriani: oh, gak lah
joice_yusriani: kan dah libur
joice_yusriani: ortu lo di mana emnagnya?
X: d jogja knapa?
joice_yusriani: oh…
joice_yusriani: just ask
joice_yusriani: bisa bahasa jowo?
X: Native
joice_yusriani: wow!
joice_yusriani: bisa dunks…
X: Km bs?
joice_yusriani: ya nda lah
X: Wuih jagoan jg!
joice_yusriani: secara gw bukan orang jawa
X: Yah gmane
X: Lu org apa emg
joice_yusriani: gw toraja kaleeeee…..
X: Wuhhh
X: Org toraja bs dpt pasangan org jawa g?:D
joice_yusriani: bisa kayaknya
joice_yusriani: secara
joice_yusriani: toraja gak ada keharusan nikah dengan siapa gitu…
joice_yusriani: tapi tetep aja kayak suku lain
joice_yusriani: disaranin dengan orang toraja juga
X: Kok kynya, ga pasti dunkz
joice_yusriani: ia, bisa
joice_yusriani: banyak koq yang campuran
joice_yusriani: kayak di jayapura banyak banget orang toraja
joice_yusriani: n banyak dari mereka yang nikah dengan suku lain apalagi yang dah besar di rantau
X: Emg kl kluargamu membtasi g?
joice_yusriani: kenapa sih nanya2?
X: Pgn taw aja karakter org2…yg kesukuan nie
joice_yusriani: mmmmm
joice_yusriani: jadi gini, ada beberapa suku yang cukup keras…
joice_yusriani: ortu gw sih takut gw ma salah satu dari mereka….
joice_yusriani: tapi cuma disaranin doang
joice_yusriani: apalagi aku kan anak cewe
joice_yusriani: tapi itu semua kan kembali ke aku-nya
X: Hmmm bgslah…
X: Kt kan udah sumpah pemuda, ga boleh beda2in gt:D
joice_yusriani: ia
joice_yusriani: makanya…
joice_yusriani: tapi wajar sih ortu terutama mak gw gitu
joice_yusriani: soalnya pertama, dia sayang gw
joice_yusriani: trus dia sering ngeliat KdRT…
joice_yusriani: jadi penegen yang terbaik
X: KdRT apaan
joice_yusriani: ya ampun
joice_yusriani: blum ngambil ppkn ya?
joice_yusriani: Kekerasan dalam Rumah Tangga

Mmmmm… sebuah chatting-an sederhana tetapi cukup “jeb!” di hati gw….
Well, kadang2 kita nda sadar kalo dalam diri kita ada sifat rasis…
Gw bener2 “jeb” waktu dia ngomong…
“Pgn taw aja karakter org2…yg kesukuan nie”

wadooowww… Emang segitu banyak ya manusia2 yang kesukuan….

Mmmm… gimana nih menurut anda?

Oh ya, tadi pagi waktu ke Gereja…
Si pendeta khotbah….
Ga tau nyambung dari mana dia ngomong…
“Kita harus menanamkan nilai2 yang baik dalam diri anak kita…. bukan nilai2 rasisme.
Nikah harus dengan suku mana…. (Sambil tertawa2 gitu…. ya rada rileks lah dia ngomong…
kayaknya sanguin nih orang)”
Nah lho?! Sebegitu parahnya ya rasisme di Indonesia?

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in My Stuff. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

