Bahasa Cinta

Berdasarkan sumber terpercaya (baca : Khotbah Minggu pagi, 1 Feb’08 di Gereja. thema nya ttg keluarga lho… wew….) terdapat 4 jenis bahasa cinta. Well, buat apa kita tahu bahasa cinta?

Menurut sumber, ketika kita menyatakan rasa cinta kita atau kasih kita, melayani, menunjukkan ke-care-an kita, intinya kek gitu2 lah ke orang yang kita kasihi seperti teman, ortu, pacar, pasangan hidup (kelak) musti sama dengan bahasa cinta mereka. Kalo gak sesuai, kekna kurang pas walopun terjun ke jurang sekalipun, gak guna.
Nah, udah cukup kekna prolognya. Jadi, bahasa cinta itu antara lain:

1. Bahasa Cinta dengan Kata-kata

Nah, orang2 kek gini ngerasain perhatian lewat kata2. Kata2 yang memuji, yang menunjukkan care, menunjukkan rasa sayang, kata2 yang memberikan support,bukan hanya kata2 yang berisi gombalan.

2. Bahasa Cinta dengan Sentuhan

Mereka yang memiliki bahasa cinta ini, merasakan kasih kita lewat sentuhan seperti rangkulan, pelukan, tepukan pada pundak, dll.

3. Bahasa Cinta lewat Pemberian

Bukan berarti matre lho…. Tetapi, orang2 jenis ini merasakan perhatian orang lewat pemberian. Gak perlu pemberian yang mahal, yang penting ada yang diberi aja. Menurut sumber, ciri2nya selalu minta oleh2, ato mesen oleh2. Gak perlu mahal2, yang penting ada sehingga dia merasakan bahwa kita masih menngingat dia ketika bepergian.

4. Bahasa Cinta lewat Waktu Bersama

Mereka bukan orang yang neko2, mereka gak minta macam2. Yang mereka butuhkan adalah waktu untuk dihabiskan bersama. Ketika bersama, mereka bercerita, mengeluarkan uneg2 mereka walaupun ceritanya membosankan untuk pendengar. Tetapi, mereka senang ketika ada orang yang menghabiskan waktu bersama dengan mereka.

Kalo kata teman saya, saya itu orang yang bahasa cinta nya lewat kata-kata. Soalnya, saya selalu minta pendapat mengenai pakaian yang saya pakai. Apakah cocok atau tidak. Well, maybe.

Setelah saya analisis (kayaknya masih butuh waktu lagi untuk analisis), saya adalah orang yang bahasa cinta nya lewat kata-kata (terutama) dan sentuhan.

Nah, bagaimana dengan anda? Apakah bahasa cinta anda?

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Psychology. Bookmark the permalink.

16 Responses to Bahasa Cinta

  1. dwihutapea says:

    kalo gw joice..kayaknya lewat waktu bersama deh..
    hehhehee..
    iya banget tuh..curhat2..cerita2..hobi gw banget

  2. yohanes says:

    mungkin ga ya ada jenis bahasa cinta yang lain? kayaknya ada yang udah dikasih semua tipe tapi masih ga ngerasain kayaknya :))

    ato klo orang yang butuh gabungan dari semuanya? kan ada tipe yg kayaknya baru merasa dicintai setelah semuanya diberikan secara proporsional dan konsisten :p

    ato jenis yang ga usah diapa2in juga udah merasa dicintai? (tapi klo yang ini mungkin namanya ge er ya? huehehe..)

  3. meliza766hi says:

    gw mw semua ajah da..
    wkwkwkw😀

  4. irene says:

    gw absen niy joice!
    klo gw, keknya melalui pemberian n’ waktu bersama…
    tapi yg dominan itu pemberian (haha,, sok kaya ;p )
    ga perlu mahal kan? yg ptg brmakna😉
    tp yg bkn gw bgt itu yg melalui sentuhan.. (setuju? )
    well, teach me more about that than..

  5. joice says:

    @ Dwi : ayo yang ngincer K’Dwi, buktikan melalui bahasa cinta nya…. hahahha
    @ Yohanes : Duh… banyak bet commentnya kak T_T
    hohoho… it’s ok. Gw berusaha menjawab
    Semua itu ada kemungkinan. Banyak koq yang memiliki bahasa cinta lebih dari satu. Kadang2 gw berpikir, gw pnya ke-4 bahasa itu.
    Trus, masalah statement ini :”ato jenis yang ga usah diapa2in juga udah merasa dicintai”
    Mungkin bisa aja, tapi menurut saia biasa itu terjadi pada cowo.
    kebanyakan bahasa cinta ini dialami oleh wanita. That’s why kenapa wanita yang dirayu, digombalin, dperhatiin, dibeliin, didenger curhatan/ ceritanya.
    Btw, kok comment nya dimasukkin ke spam ya?
    @ Meliza : Ok2… gw juga ah… hahhaha
    @ Irene : Ok2. We’ll disscuss it pas ketemu nyata ato maya (baca : YM)

  6. kikirizki says:

    Gw sama ma Mel aja deh..hahaha..maruk..
    Hm…Apa ya? Keknya sih lewat kata-kata dan waktu bersama deh…Kalo sentuhan, mungkin emg semua orang butuh kali ya?

  7. klo aku…ga ada tendensi ke manapun…

    kayaknya semuanya aku seneng…

  8. ferdinandolase says:

    Secara pribadi sy pas dengan yang keempat. Namun diatas semua itu bagi sy yang terpenting adalah mencintai orang lain apa pun caranya didasarkan oleh cinta terhadap Yesus. Mengapa? Allah menciptakan manusia menurut gambarnya, maka pada setiap pribadi kita dapat menjumpai gambambaran Allah di dalamnya…

  9. ini kok makin banyak teorinya, cepat2 dipraktek aja bahasa cintanya ;P

  10. anggriawan says:

    hm.. kyny itu didasari dari bagaimana otak lebih tanggap menangkap rangsang deh..
    – visual: lewat waktu bersama & pemberian
    – auditori: lewat kata-kata
    – kinetis: lewat sentuhan

    dan otak saya pun tipe visual.. jadi, hm..

  11. joice says:

    @ Kiki : Mmm… perlu gak gw bilangin ke si itu?
    wkwkkw
    @ Wijoyo : Mmmm… ia sih.Tapi pasti ada yang the most kan?
    @P’Ferry : OK pak….hohohoho
    @ Anggriawan : oh gitu toh…Kalo otak saya visual kekna ato apa ya?
    wah ternyata kk sudah ahli dalam hal ini. Wah….
    @ Facebook master : Baiklah kk…
    hohoho…

  12. @joice:
    ga tau juga siy…aku seneng semuanya…ga ada yg “paling”..yang jelas, aku menikmati semuanya sekaligus

  13. terserah says:

    yoi kakz di link aja.. sbnar’na tugas blog ini di suruh ma pak feri…hehehe..

  14. eureka ai says:

    lagi-lagi cinta! mantabh euy…
    paling suka yang terakhir, krn saat kita bersama tuh ras cintax lebih kerasa(cieeee)

  15. joice says:

    @ Wijoyo : Hohoho… ia koq ada juga orang yan gngerasain ke-empat2 nya…
    @ Terserah : OK2…
    @ Ai : Hahahha… kamu lagi jatuh cinta ya?

  16. Pingback: Bahasa Cinta (Part 2) | The other side of my life

Leave a Reply

