Marga T (Gema Sebuah Hati)

Marga T dan Mira W are my favourite novelists.

Novel2 mereka sebagian besar (bahkan mungkin semua) berkisah tentang wanita, perjuangan wanita dan sebagian besar berhubungan dengan dunia dokter, hal ini sedikit banyak disebabkan oleh profesi mereka sebagai dokter. Satu hal yang membuat saya tertarik dengan novel2 mereka adalah cerita yang mereka buat berhubungan dengan dunia wanita tetapi menarik, tidak cengeng dan beberapa malah cukup menjadi inspirasi.Karakteristik novel kedua pengarang itu hampir sama. Bahasanya dapat dimengerti, konflik yang dibahas pun menarik dan bukan novel roman yang cengeng atau fokus terhadap hubungan biologis wanita-pria.

Novel Marga T yang telah saya baca baru tiga buah sedangkan Mira W mungkin lebih dari sepuluh. Novel2 Marga T latar belakang waktu nya lebih “tua” daripada Mira W sehingga dalam novelnya, Marga T sedikit banyak menyisipkan sejarah yang terjadi dalam kurun waktu tersebut. Sedangkan Mira W,lebih modern dan latar waktunya lebih dekat dengan masa kita sekarang. Mungkin itu sebabnya saya merasakan bahwa bahasa novel Marga T lebih berat daripada novel Mira W.

Selain karena membahas mengenai wanita, saya menyukai novel Marga T karena latar belakang waktunya serta peristiwa-peristiwa sejarah yang dia selipkan. Saya cukup menyukai novel2 berlatar belakang abad 19, tahun2 perjuangan, revolusi, dll. Pendeknya bisa dibilang, jadul.

Saya juga memperhatikan sampul2 novel kedua wanita tersebut. Jika Marga T, sampulnya bergambar manusia, entah wanita atau pria atau keduanya sedangkan Mira W bergambar bunga.

Novel Marga T yang terakhir saya baca adalah “Gema sebuah hati”. Dibanding dua novel lainnya yang saya baca, novel ini lebih banyak mengandung sejarah. Pemeran utamanya adalah Monik, seorang perempuan Tionghoa yang berkuliah di Fak. Kedokteran Res Publica (dahulu bernama BAPERKI) yang sekarang bernama Universitas Trisakti. Sedikit banyak, saya mengetahui sejarah tentang Universitas Trisakti dan peristiwa2 lainnya yang berhubungan dengannya. Saya rasa, cerita mengenai Trisakti ini bukan sesuatu yang fiktif karena dijelaskan sangat mendetail dan jelas.

Daari sebuah sumber, saya mengetahui bahwa latar belakang Marga T ini sama dengan Monik. Seorang perempuan Tionghoa yang berkuliah di Universitas Res Publica Fak. Kedokteran. Dalam novel ini disebutkan seorang tokoh yang berkuliah di Bandung jurusan T. Elektro. Saya berpikir bahwa tokoh tersebut berkuliah di ITB, prodi T. Elektro.

Mengenai Marga T, lebh jelasnya dapat di lihat di laman ini : http://www.tamanismailmarzuki.com/tokoh/marga.html

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Book Review. Bookmark the permalink.

10 Responses to Marga T (Gema Sebuah Hati)

  1. kikirizki says:

    Huhuhu…Jarang baca novel nih, joi T.T
    Ada juga 10 halaman novel Mira W yang ntah apa judulnya yang gw pernah baca, tapi langsung gw balikin ke yang punya😀

  2. bintang says:

    hooo
    ibu lumayan suka ama mira w

  3. Salam kenal aja ya….😀

  4. dwihutapea says:

    joice…dulu gw suka baca Mira W. Buku2nya sering di film-in kan dulu. Terus walau lo bilang ceritanya ga “cengeng”, gw kalo baca sih tetep nangis juga joice..cerita2nya inspiring banget soalnya

  5. joice says:

    @ Kiki : Budayakan membaca. Hahahha…
    @ Bintang : Iya pak. Bapak juga?
    @ Fahrisal Akbar : Salam kenal juga
    @ Dwi : Kalo kamu nangis berarti si penulis mampu membuat alur n konflik yang baik bukan cengeng. Kalo cengeng di sini, dalma pemahaman saya adalah yang isinya nangis2 mulu, gak ada tuh yang namanya perjuangan, dll yang kek2 gitu. See?

  6. eureka ai says:

    mama saya suka tuh Mira W and MArga T,,
    punya koleksi sebejibun,,
    tapi rata2 critax Mellow-Drama gt y?

  7. joice says:

    Oh ya?
    wah sama atuh…
    Pertama kali baca Mira W itu di Perpus sekolah loh… (TB-red)
    Mmmm… mellow sih, tapi gak cengeng2 amat kan?
    Masih ada sosok yang tough…
    trus cerita nya gak nyampah…

  8. saya suka Marga T
    ya apa lagi tuh yang Kuraih Namun Tak terjangkau

  9. ninoo says:

    I love Marga T & Mira W……………cm saran nih…novel Marga T yg badai pasti berlalu itu bagus loh…..

  10. yulia says:

    paling suka novel marga t & mira w …. semua nya sudah pernah saya baca sampai tuntas & sekarang kangen karena engga nonggol lagi yg baru2nya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s