Menjadi Berkat

Salah satu tokoh Alkitab yang menjadi teladan dalam hal ini yaitu menjadi berkat adalah Barnabas. Dia tidak terkenal seperti kedua belas rasul. Alkitab juga tidak banyak bercerita tentang dia. Namun, ia memiliki teladan yang sangat baik.

Ada tiga kunci untuk menjadi berkat:

1. Jadilah Penghibur

Arti dari nama Barnabas adalah anak penghiburan (Kisah para Rasul 4:36).  Penghiburan berasal dari bahasa Yunani yang berarti penghilang rasa sakit. Di manapun ia pergi, ia selalu menjadi penghibur sehingga ia dijuluki anak penghiburan.

Salah satu contohnya adalah Paulus. Awal Paulus bertobat, dia ditolak oleh jemaat karena ia mengejar dan membunuh umat Kristen. Saat itu, Paulus pasti merasa sakit hati, kecewa dan ketakutan. Dia dikejar-kejar Mahkamah Agama karena berkhianat, sedangkan di sisi lain dia ditolak oleh jemaat.

Di saat itu, Barnabas yang menghibur dan membawa Paulus kembali. Bayangkan jika Barnabas tidak membawa Paulus kembali. Kita akan kehilangan salah satu tokoh Alkitab besar yang menulis 13 surat.

Jika tidak ada Barnabas, Markus yang sempat merasa “ditolak” oleh Paulus mungkin tidak kembali ke ladang penginjilan dan kita tidak akan pernah membaca injil Markus yang merupakan injil tertua.

2. Rela berkorban

Ayat yang ke 37 dari Kisah Para Rasul 4 menjelaskan bagaimana Barnabas rela berkorban dengan menjual ladangnya dan membawa uang itu ke rasul-rasul.  Untuk menjadi berkat bagi orang lain, ada harga yang harus dibayar. Bill Graham pernah berkata, “Menerima Yesus memang gratis, tetapi melayani Kristus harus membayar harga”.

3.  Memiliki Karakter seperti Kristus

Kepribadian seorang Barnabas dijelaskan dalam Kisah Para Rasul 11: 24. Barnabas dikatan sebagai orang yang baik, penuh dengan Roh Kudus dan iman.

Hanya sedit orang, sangat jarang yang disebut Alkitab sebagai orang baik. Salah satu nya adalah Barnabas. Dari sini dapat diketahui bagaimana kepribadian Barnabas. Dia memiliki kharisma dan karakter yang sangat baik.

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Divinity. Bookmark the permalink.

3 Responses to Menjadi Berkat

  1. joice says:

    nuhun….
    apdet banged dengan blog joice

  2. petra says:

    kalo udah masuk daftar google reader seh kalo update langsung tau…
    bagus postnya, tapi kurang dijabarin aja seh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s