Rahasia Sukses Orang Jepang

1. Kerja Keras

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.

2. Malu

Malu adalah budaya leluhur dan turun temurun bangsa Jepang. Harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi ritual sejak era samurai, yaitu ketika mereka kalah dalam pertempuran. Masuk ke dunia modern, wacananya sedikit berubah ke fenomena “mengundurkan diri” bagi para pejabat yang terlibat masalah korupsi atau merasa gagal menjalankan tugasnya. Efek negatifnya mungkin adalah anak-anak SD, SMP yang kadang bunuh diri, karena nilainya jelek atau tidak naik kelas. Karena malu jugalah, orang Jepang lebih senang memilih jalan memutar daripada mengganggu pengemudi di belakangnya dengan memotong jalur tengah jalan. Mereka malu terhadap lingkungannya apabila mereka melanggar peraturan ataupun norma yang sudah menjadi kesepakatan umum.

3. Hidup Hemat

Orang Jepang memiliki semangat hidup hemat dalam keseharian. Sikap anti konsumerisme berlebihan ini nampak dalam berbagai bidang kehidupan. Di masa awal mulai kehidupan di Jepang, saya sempta terheran-heran dengan banyaknya orang Jepang ramai belanja di supermarket pada sekitar jam 19:30. Selidik punya selidik, ternyata sudah menjadi ha yang biasa bahwa supermarket di Jepang akan memotong harga sampai separuhnya pada waktu sekitar setengah jam sebelum tutup.

4. Loyalitas

Loyalitas membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi. Sedikit berbeda dengan sistem di Amerika dan Eropa, sangat jarang orang Jepang yang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka biasanya bertahan satu atau dua perusahaan sampai pensiun. INi mungkin implikasi dari Industri di Jepang yang kebanyakan hanya mau menerima fresh graduate, yang kemudian mereka latih dan didik sesuai dengan bidang garapan (core business) perusahaan.

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Motivation. Bookmark the permalink.

5 Responses to Rahasia Sukses Orang Jepang

  1. benar juga ya… orang jepang loyal dengan pekerjaannya… biasanya kan nyari yang gajinya lebih besar..hehe

  2. aidillapradini says:

    “Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan
    agak memalukan” di jepang”

    emang Jo… jam kerja resminya sampe jam 5, tapi kadang udah jam 9 malem kita nggak bisa pulang karena temen-temen yang lain belum pulang😦

  3. joice says:

    ia Ai, katanya orang Korea-Jepang gitu
    suka “heran” dengan orang yang cepat pulang…
    pantesan kalo di dorama2 gitu ato serial korea, udah malam banget masih pake kemeja menandakan…

  4. rvdirza says:

    Untuk point 1, 12 jam di lab atau kantor bukan berarti terus menerus kerja 12 jam. Jadi, lebih tepatnya, mereka bukan bekerja lama. Tapi, berada di tempat kerja untuk waktu yang lama🙂. (“soalnya masih bisa FB-an dan main game di lab :p).

    Untuk point 4, mereka loyal karena senioritas menentukan besarnya gaji. Semakin lama anda mengabdi pada suatu perusahaan Jepang, maka gaji anda semakin tinggi. Bukan tidak mungkin seorang operator yang telah bekerja 30 tahun memiliki gaji yang lebih tinggi dari managernya yang baru 2 tahun bekerja.😉.

    Semoga bermanfaat…

  5. rubi says:

    Orang jepang memang dikenal pekerja keras dan loyalitasnya yang tinggi terhadap perusahannya tempat dia bekerja…..
    Bagus juga y,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s