Pantai Pasir Dua, Jayapura

Hari ini, teman saya menunjukkan sebuah foto pantai di salah satu social networking terkenal. Saya benar-benar amazed melihat pantai itu. It’s such a beautiful beach! Letaknya di Pasir Dua, Jayapura. Ketika saya melihat foto-foto tersebut, saya benar-benar menyadari potensi yang dimiliki oleh negara ini ( baiklah saya kecilkan scope nya menjadi Papua). Papua ( baiklah, saya khususkan Jayapura) memiliki banyak pantai yang benar-benar cantik.Kebanyakan pantai-pantai tersebut terletak jauh dari pemukiman penduduk. Sedangkan pantai-pantai yang cukup dekat dengan pemukiman, pusat kota lebih kotor dibanding pantai yang letaknya jauh dari kota. Jadi, pantai yang jarang dikunjungi, jauh dari kota lebih bersih. Instead of maintain the beaches, people choose to litter them. Apakah saking banyak nya pantai sehingga mereka tidak memperhatikan betapa valuable nya pantai. Ya, pantai ada hampir di setiap sudut kota ini. Bahkan saya ingat, saya pernah mengikuti sebuah pelatihan di salah satu tempat di kota ini, dan di dekat tempat pelatihan ini ada pantai yang sepertinya jarang dikunjungi. Pantai ini sangat cantik dan bersih.

Saya berharap, pemerintah Provinsi Papua, khususnya Kota Jayapura benar-benar memperhatikan alam yang dimiliki Jayapura. Gunung-gunungnya, pantainya yang menghadap Samudra Pasifik dan keanekaragaman hayati di sana. Bayangkan pantai-pantai di sana benar-benar dijaga keindahan dan kebersihannya, tidak ada pungli/pemalakana, servis yang bagus, saya rasa banyak turis yang rela merogoh saku untuk mengunjungi Jayapura.

Seorang teman saya pernah ngomong seperti ini : “Apa sebenarnya kelebihan pantai di Bali? Jayapura dan kota-kota lain yang di Papua juga memiliki pantai yang cantik dan bersih.” Suatu hari dia mengunjungi Bali dan menyadari kunci ketenaran wisata alam di sana bukan hanya keindahan alamnya, tetapi juga servisnya. Jika layanan, fasilitas, keamanan dan kebersihan ditingkatkan di Jayapura, wisata alam ini akan mendatangkan pemasukan bagi daerah.
Menjaga dan mengusahakan wisata alam bukan hanya berbicara tentang Papua, tetapi terlebih tentang Indonesia. Saya bangga menjadi anak bangsa ini, lahir dan dibesarkan di negara yang kaya, memiliki masyarakat yang luar biasa. Namun saya sedih ketika kekayaan yang dimiliki negara ini, salah satunya wisata alam terbengkalai. Banyak wisata alam di negara ini yang luar biasa tetapi tidak diperhatikan oleh pemerintah. Apakah kita perlu tunggu sampai kelabakan seperti ketika warisan budaya kita diklaim negara lain, untuk memperjuangkan kekayaan negeri kita? Oke, kekayaan alam seperti wisata alam mungkin tidak diklaim. Namun apakah kita perlu menunggu hingga tidak ada satupun orang yang mau mengunjungi wisata alam sehingga kita kelabakan memperbaiki dan mempromosikannya? Yuk kita jaga wisata alam kita. Yang paling bisa kita lakukan sekarang ya menjaga kebersihannya  ( tidak buang sampah sembarangan contohnya) , menjaga keamanannya ( seperti tidak menjadi pemalak liar)  dan mempromosikannya ke orang lain. Sisanya kita serahkan kepada pihak yang berwenang. Memberi saran kepada pemerintah juga ( tidak hanya mengkritik) bisa menjadi salah satu bukti nyata kita mencintai negara ni.

Berikut adalah foto lainnya Pantai Pasir Dua Jayapura

Source image :

http://www.facebook.com/media/set/?set=a.262877513743882.70124.100000649057930&type=1

( My friend’s account)

 

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Travelling. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

