Melankolis/Melancholic : Mari Terorganisasi dengan Melankolis

Mengapa dunia membutuhkan orang melankolis?

Kedalaman untuk melihat ke hati dan jiwa. Sifat artistik. Bakat untuk menciptakan karya besar. Kemampuan untuk menganalisa. Mata untuk melihat perincia. Tujuan untuk menyelesaikan apa yang dimulai. Keinginan untuk melakukan segala hal dengan baik dan tertib.

Melankolis identik dengan analisis, perfeksionis dan tertib.

Mendalam, Penuh Pikiran, Analitis

Orang melankolis mendalam, tenang dan penuh pikiran. Mereka dilahirkan dengan sifat pesimistis dan bisa melihat masalah sebelum semua terjadi. Mereka bersedia menekuni kegiatan rutin yang membosankan jika mereka bisa melihat hasilnya di masa mendatang. Mereka suka mengamati kehidupan di sekelilingnya. Mereka suka menemukan jawaban yang rumit dan merencanakan hal yang serius dengan tujuan. Mereka suka menganalisis. Namun jika melampaui batas, mereka bisa terus memikirkan masalah dan selalu mengevaluasi unjuk kerja setiap orang sehingga orang itu menjadi gelisah dan resah.

Serius dan Tekun

Mereka orang yang serius menetapkan tujuan jangka panjang dan hanya ingin melakukan apa yang mempunyai tujuan abadi.

Jenius-Intelek

Penulis, pelukis, dan musikus biasanya orang melankolis karena mereka dilahirkan dengan potensi jenius, yang kalau dimotivas dan dikembangkan secara semestinya akan menghasilkan raksasa-raksasa. Sebelum mereka membuat sebuah karya, mereka memikirkan ide itu, serta secara intensif mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan ide itu.

Berbakat dan Kreatif

Mereka adalah orang yang paling berbakat dan palig kreatif dibanding yang lain. Mereka menghargai orang yang berbakat, mengagumi para jenius dan kadang menitikkan air mata karena terpengaruh oleh emosinya. Mereka tergerak oleh kebesaran semua medium dan kagum terhadap keajaiban alam.

Menyukai Daftar, Diagram, Grafik dan Bagan

Otak mereka berpikir dengan cara yang demikian teratur sehingga mereka melihat bagan kalau Sanguinis melihat manusia; mereka berpikir dalam kolom-kolom kalau sanguinis dalam peristiwa-peristiwa. Terorganisasi adalah esensi dasar kehidupan bagi orang melankolis.

Sadar Perincian

Segala sesuatu sangat penting bagi orang melankolis. Mereka ahli dalam melacak perincian.

Tertib dan Terorganisasi

Orang melankolis mengejar keteraturan. Segala sesuatu harus tertib agar dapat berfungsi. Bahkan dalam hal-hal kecil seperti lemari pakaian, mereka benar-benar tertib dan teratur.

Teratur dan Rapi

Biasanya mereka berpakaian bagus dan terawat dengan cermat. Mereka menginginkan lingkungannya teratur dan rapi, dan mereka berjalan berkeliling merapikan barang-barang milik orang lain.

Perfeksionis – Standar Tinggi

Motto mereka adalah : Kalau itu layak dilakukan, itu layak dilakukan dengan benar. Standar mereka cukup tinggi bahkan di atas rata-rata.

Ekonomis

Mereka tidak pernah membuang-buang apapun dan mereka suka menang dalam tawar-menawar. Mereka memastikan mereka mendapatkan segala-galanya yang layak diperoleh. Mereka suka mengecek barang-barang yang mereka miliki kalau-kalau masih ada yang dapat digunakan.

Perhatian dan Belas Kasihan Mendalam

Berbeda dengan sanguin yang menjadi pusat perhatian, orang melankolis sangat memperhatikan orang lain dan peka terhadap keperluan mereka bahkan menaruh belas kasihan dengan masalahnya. Mereka bisa menjadi penasihat yang baik sekali karena mereka memiliki kemampuan yang mendalam untuk melihat ke dalam hati orang lain.

Mencari Teman Hidup yang Ideal

Karena mereka adalah orang perfeksionis, maka mereka menginginkan teman hidup yang sempurna pula. Mereka menjalin persahabatan yang hati-hati untuk melihat apakah orang lain setara dengannya. Mereka memilih punya teman sedikit namun setia daripada punya banyak kenalan seperti sanguin.

Orang bijaksana menghindar apabila melihat bahaya; orang bodoh berjalan terus lalu tertimpa malapetaka.

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Psychology. Bookmark the permalink.

One Response to Melankolis/Melancholic : Mari Terorganisasi dengan Melankolis

  1. dinipuspita says:

    me, me, meeeee!! xD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s