Perbedaan Antara Wanita dan Pria

Postingan saya sebelumnya juga pernah membahas mengenai perbedaan antara wanita dan lebih ke pemahaman bahwa pria dan wanita memang diciptakan berbeda dan memiliki fungsi-fungsi serta kelebihan yang berbeda, sehingga setiap orang bisa menerima perbedaan itu. Sekarang saya juga membahas mengenai perbedaan antara pria dan wanita sehingga setiap orang yang membaca artikel ini bisa memahami lawan jenisnya😀

Perbedaan yang dibahas dalam artikel ini adalah perbedaan mendasar yaitu secara mental, fisik, seksual dan intuisi. Untuk gambaran umumnya, wanita bisa diumpamakan seperti kupu-kupu dan pria diumpamakan seperti kerbau. Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki kepekaan yang tinggi. Ia peka terhadap embusan angin, bahkan yang paling lembut sekalipun. Ia juga memiliki kesadaran akan keadaan sekelilingnya termasuk keindahan bunga terkecil sekalipun. Dengan kepekaannya yang tinggi, ia selalu sadar akan perubahan yang terjadi di sekitarnya dan dapat bereaksi bahkan terhadap perubahan sekecilpun. Berbeda dengan kupu-kupu, kerbau adalah hewan yang tidak memiliki kepekaan yang tinggi, kasar dan tidak berperasaan. Ia tidak sadar dengan hembusan angin. Ia terus melakukan apa yang sedang dia kerjakan. Ia tidak memperhatikan keadaan sekelilingnya, bunga-bunga kecil di sekitarnya.

1. Fisik

Perbedaan fisik antara pria dan wanita (kecuali reproduksi) sangat banyak. Pertama-tama dari hal yang mendasar yaitu kombinasi kromosom pria dan wanita. Perbedaan kombinasi kromosom ini yang menjadi dasar dari perkembangan menjadi wanita dan pria. Vitalitas jasmani wanita lebih besar, terbukti umumnya wanita lebih lama hidup dibanding pria. Mungkin saja hal ini disebabkan oleh perbedaan kombinasi kromosom tersebut. Selain itu, pria dan wanita berbeda dalam metabolisme. Umumnya, wanita memiliki metabolisme yang lebih rendah dibanding pria.

Kerangka pria dan wanita juga berbedea. Dibanding pria, wanita memiliki wajah yang lebih lebar, kepala yang lebih pendek, batang tubuh yang lebih panjang dan kaki yang lebih pendek. Perut, ginjal dan hati wanita lebih besar daripada pria, tetapi paru-paru wanita lebih kecil dibanding pria. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan kekuatan napas wanita yang lebih rendah dibanding pria. Ada beberapa fungsi yang dimiliki wanita dan sama sekali tidak dimiliki oleh pria seperti hamil, menyusui dan menstruasi. Wanita memiliki hormon yang berbeda dengan pria dan dalam jumlah yang lebih banyak. Hormon inilah yang mempengaruhi perasaan dan tingkah laku.

Sel darah wanita lebih sedikit dibanding pria sehingga wanita lebih mudah kekurangan oksigen dan menjadi lebih mudah lelah. Akan tetapi, wanita memiliki stamina yang lebih kuat dibanding pria. Jantung wanita berdetak lebih cepat dibanding pria dan umumnya memiliki tekanan darah lebih rendah. Karena metabolisme wanita yang menurun lebih lambat, wanita dapat bertahan dalam temperatur yang tinggi dibanding pria.

2. Mental atau Emosi

Jika pria lebih tertarik kepada hal-hal yang praktis, yang dapat dipahami dengan logika, maka wanita lebih tertarik denganimg hal-hal yang berhubungan dengan orang dan perasaan. Menurut Dr.Cecil Osborne, wanita cenderung memiliki “persatuan” dan hubungan yang “intim” dengan hal-hal di sekeliling mereka dan orang-orang yang mereka kenal. Wanita bisa menganggap bahwa barang miliknya adalah perpanjangan dirinya, sehingga mudah terluka jika barang miliknya dikritik orang lain. Berbeda dengan wanita, pria dapat berhubungan dengan orang dan situasi, tetapi entah bagaimana identitasnya tidak dijalin bersama mereka.

Saya pernah bertanya kepada seorang teman laki-laki ketika dia pindah gedung kantor, apakah dia merasa agak sedih, atau minimal mengenang cubicle, kursi yang menemani dia di gedung itu. Dia berkata, baisa saja, tidak ada rasa apapun. Saya berpikir, jika saya di posisinya, mungkin saya tidak sedih, tetapi saya akan mengenang peristiwa-peristiwa yang terjadi selama saya ada di cubicle itu.

Wanita membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dibading pria karena emosi wanita berkaitan erat dengan orang dan tempat di sekelilingnya. Pria dengan logika mereka akan menyimpulkan manfaat dari suatu perubahan dan menjiwainya hanya dalam beberpaa menit. Sedangkan wanita, memusatkan perhatian pada akibat yang muncul dari perubahan tersebut dan kesulitan yang mungkin saja melibatkan dirinya dan orang-orang terdekatnya. Seringkali, pertimbangan-pertimbangan wanita ini menurut pria, adalah suatu hal yang konyol dan mengada-ada. Namun jangan pernah menyepelekan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terlihat penting dari wanita. Bisa saja hal tersebut benar-benar terjadi di kemudian hari.

3. Seksual

Jika pria cenderung konstan, dorongan seks wanita cenderung berhubungan dengan siklus menstruasi (silahkan yang ahli boleh member pendapat😀 ). Hal ini tentu saja disebabkan oleh hormon.

Wanita jauh lebih tertarik kepada kepribadian pria, lebih “goyah” terhadap sentuhan dan kata-kata romantis. Sedangkan pria tertarik kepada hal-hal yang berbau fisik. Kata seorang lelaki, kami ini adalah makhluk visual. Dia kurang setuju dengan wanita yang hanya mempertahankan inner beauty, yang penting cuma inner beauty , outer nya gak penting. Memang, pria pertama-tama jatuh hati kepada apa yang bisa dilihat mata, tetapi hal itu cuma bertahan sampai tertarik. Pria dapat mencintai dan menyayangi wanita ketika dia telah mengetahui inner beauty sang wanita. Namun, tetap saja mereka adalah makhluk visual sehingga tetap melihat fisik. Jadi, selain me-maintain inner beauty, sang wanita diminta untuk me-maintain fisiknya juga.

Wanita secara intuitif memiliki kesadaran yang lebih besar mengenai bagaimana mengembangkan sebuah hubungan yang penuh dengan kasih. Dengan kepekaannya, dia ingin memiliki sebuah hubungan yang multi level yaitu hubungan yang memiliki lebih banyak segi daripada sekedar menjadi pasangan sex (ketika menikah). Wanita ingin bukan hanya menjadi kekasih, tetap juga sahabat terbaik, penggemar, adik mungkin dan pasangan yang dihargai. Sebaliknya, dalam pasangan yang telah menikah (ya, silahkan yang sudah menikah atau berpengalaman boleh berkomentar😀 ) , pria tidak memiliki kesadaran intuitif seperti pasangannya. Ia tidak tahu bagaimana membesarkan hati dan mengasihi pasangannya atau bagaimana memperlakukan istrinya dengan memenuhi kebutuhannya yang terdalam. Oleh karena pria tidak memiliki pemahaman dalam bidang-bidang vital melalui intuisi, dia hanya bersandar pada pengetahuan dan keahlian yang ia miliki sebelum menikah. Wanita dapat menolong pasangannya dengan memberi contoh dan bantuan yang diperlukan.

4. Intuisi

Intuisi wanita bukanlah suatu hal yang mistis. Dalam sehari-hari, kita menyebutnya feeling. Intuisi wanita adalah suatu persepsi bawah sadar tentang rincian kecil yang kadang bersifat nyata, kadang bersifat abstrak. Karena intuisi ini adalah proses “bawah sadar”, wanita sering tidak dapat memberi penjelasan yang spesifik mengenai apa yang dia rasakan. Wanita hanya dapat merasakan atau menangkap sesuatu mengenai situasi atau seseorang. Berbeda dengan wanita, pria cenderung mengikuti analisis logika mengenai situasi atau orang.

Referensi :

Alasan Tersembunyi by Gary Smalley

P. S : *bukan iklan* Buku ini sangat bagus terutama untuk wanita. Karena buku ini menceritakan tentang pria dan alasan mengapa dia berperilaku seperti itu. Buku ini juga memberikan tips-tips membangun pernikahan (bisa juga diterapkan dalam hubungan) yang lebih baik. Pasangan buku ini  adalah Seandainya Ia Tahu  yang juga dikarang oleh Gary Smalley yang dikhusukan untuk pria . Buku ini mengulas tentang wanita sehingga cocok dibaca oleh pria.

Sumber gambar :

http://bhieruu08.blogspot.com

http://www.datainfonak.net

http://deanzmilano.blogspot.com

http://us.detikhealth.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Psychology. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s