Wisata Kuliner : Sop Konro Karebosi

Restoran yang menyajikan masakan khas Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan banyak berjejeran di Boulevard Kelapa Gading. Saya adalah salah satu pecinta masakan khas Sulawesi Selatan. Salah satu rumah makan yang saya kunjungi ialah Sop Konro Karebosi.

Dari namanya, bisa tertebak menu andalannya adalah sop konro. Rumah makan ini tidak hanya menyajikan sop konro saja, tetapi juga masakan khas sulawesi selatan lainnya. Sebut saja Coto Makassar, Sop Saudara, dan lainnya. Tidak juga ketinggalan minuman khas SulSel, Es Pisang Ijo, Es Pallubutung dan sirup markisa. Seperti daerah Sumatera Utara, Sulawesi Selatan juga terkenal dengan sirup markisanya dan merupakan salah satu oleh-oleh khas daerah itu.

Kami memesan Sop Konro dan Coto Makassar. Kami juga mencicipi buras. Buras adalah teman yang pas untuk disantap berasama coto makassar. Mirip dengan lontong, hanya lebih pipih dan dalam pembuatannya menggunakan santan dan garam sehingga lebih gurih. Awalnya saya mengira Sop Konro ini mirip dengan Pallu Konro. Ternyata berbeda. Penyajian sederhana dan rasa dari kuahnya mirip dengan Sop Brenabon ( Sop Kacang Merah). Daging iga nya lembut dan benar-benar terasa bumbunya.

Coto Makassarnya lumayan menurut saya. Sedikit hambar sehingga perlu ditambahkan garam. Mungkin saja hal ini disengaja agar konsumen dapat menakar sendiri tingkat keasinan sesuai selera. Jangan lupa kecap, jeruk nipis dan sambel nya sehingga rasanya lebih mantap.

Sepertinya tidak lengkap jika tidak menikmati minuman khas daerah ini. Kami awalnya memesan sirup markisa. Sayangnya habis😦 Akhirnya kami memesan Es Pallubutung. Es Pallubutung ini mirip dengan Es Pisang Ijo. Es Pallubutung juga menggunakan pisang. Bedanya, Pisang dalam Es Pisang Ijo dibalut dengan kulit yang berwarna hijau. Burasnya enak menurut saya walaupun daun pisang pembungkusnya terlihat kurang segar. Rumah Makan ini juga menyediakan ikan bakar khas Makassar. Jika tidak mau jauh-jauh ke Kelapa Gading, anda bisa mengunjungi cabangnya di Tebet.

Sop Konro

Coto Makassar

Buras

Es Pallubutung

 

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Culinary & Cooking. Bookmark the permalink.

2 Responses to Wisata Kuliner : Sop Konro Karebosi

  1. Hi Joice, nice blog🙂
    anyway…kalau saya lebih suka konronya rumah makan Maranu, letaknya sebelahan (beda beberapa ruko) dengan Karebosi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s