Tradisi Perayaan Natal di Berbagai Negara ( Bag.I)

Sebelum saya menulis tentang tradisi perayaan natal di berbagai negara, saya ingin bercerita tentang perayaan natal di kota tempat saya besar yaitu Jayapura.

Well, perayaan hari keagamaan di sana dirayakan dengan besar-besaran ( terutama dalam hal makanan) seperti Lebaran, Nyepi dan terutama Natal.  Setiap hari raya agama, keluarga yang merayakan akan menyediakan makanan yang sangat banyak dan niat menurut saya. Belum kue kering, minuman, kue basah, es buah dan lainnya. Natal juga seperti itu. Ketika tiba hari H, rumah dipenuhi oleh orang-orang yang berkunjung. Mulai dari teman, kenalan, bawahan, murid, mahasiswa, sampai keluarga. Umumnya keluarga berkunjung pada tanggal 1. Makanan di rumah pun berlimpah. Jika di kota-kota lain yang berkunjung hanya keluarga dan sedikit teman, di Jayapura setiap orang yang kenal pasti datang berkunjung. Makan besar yang entah berapa jenis masakan, kue kering, kue basah, softdrink, dan lainnya. Uniknya, anak-anak kecil di sana tidak mengejar angpau tetapi kaleng ( kaleng di sini menunjuk kepada softdrink dalam kemasan kaleng). Oleh sebab itu, pada hari raya, banyak anak-anak kecil bertandang ke setiap rumah yang merayakan, baik dikenal maupun tidak untuk mengumpulkan softdrink. Hal ini bukan hedonisme dan bukan persaingan antar keluarga. Namun kebiasaan orang di sana yang suka menjamu orang yang datang ke rumah.

Oke, itu mengenai makanan dan minuman. Biasanya, perayaan natal baik dari instansi-instansi, kantor, perkumpulan, organisasi dan gereja mulai mengadakan perayaan natal bahkan mulai dari November. Pondok-pondok natal menghiasi bukit-bukit. Pondok-pondok ini dihiasi sedemikian rupa hingga menarik dan setiap hari mendendangkan lagu natal. Walaupun pohon natal hanya sebuah tradisi dan bukan suatu keharusan, hampir setiap rumah memasang pohon natal. Hal ini sering dijadikan ajang berinteraksi antar anggota keluarga. Ada juga yang membuat pohon natal dari benang nylon yang diletakkan di teras rumah dan dihiasi lampu-lampu yang berwarna-warni. Bahkan ada juga yang menghiasi pohon asli yang di teras rumah mereka dengan lampu-lampu cantik.

Baiklah, itu secara singkat mengenai tradisi Natal di Jayapura. Berikut adalah tradisi natal di berbagai negara :

1. Irlandia

Pada malam Natal, tiap jendela rumah dipasang lilin-lilin yang mengandung arti bahwa Yesus diterima di rumah itu. Lilin itu dibiarkan menyala sepanjang malam, dan menurut tradisi, hanya boleh ditiup oleh wanita yang namanya Maria.

2. Spanyol

Saat merayakan Natal, biasanya Nacimiento (kata “palungan” dalam bahasa Spanyol) diletakkan di tengah ruangan. Selanjutnya pada hari Natal seluruh anggota keluarga berlutut mengelilingi palungan tersebut sambil berdoa dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Kebiasaan yang dilakukan anak-anak adalah meletakkan sepatu-sepatu mereka di jendela yang diisi dengan berbagai permen dan mainan

3. Irak

Di malam Natal seluruh keluarga akan berkumpul untuk mendengarkan kisah Natal. Seorang anak akan membacakan kisah Natal dari Alkitab sementara anggota keluarga yang lain memegang lilin-lilin.

4. Belgia

Di Belgia, biasanya ada parade pada hari Natal. Anda bisa mengadakan parade sendiri. Anak-anak  “berdandan” dengan kertas kado, pita, dan hiasan lain yang mereka ambil dari hadiah mereka. Di Belgia, biasanya parade berakhir di gereja, di mana jemaat mengadakan kebaktian penyembahan khusus.

5.  Meksiko

Orang Meksiko merayakan Natal dengan menggelar festival selama 9 hari. Setiap malam tampil atraksi dari berbagai keluarga yang berbeda dengan dipimpin oleh anak kecil yang membawa patung Yesus, Maria dan Yusuf yang terbuat dari tanah liat. Mereka berjalan ke rumah-rumah yang sedang melangsungkan pusada (baca: pesta) dan menyanyikan lagu-lagu Natal. Sementara itu beberapa orang dari mereka berusaha memecahkan boneka yang terbuat dari tanah liat yang tergantung di langit-langit rumah) sehingga seluruh peserta akan dihujani dengan berbagai permen dan hadiah dari dalam boneka buatan tersebut.

6. Libya

Kebanyakan penduduk di Liberia tidak merayakan Natal, tetapi mereka menghias rumah mereka dengan sebatang pohon palem yang dihiasi lonceng merah dan menyanyikan lagu Natal.

7. Inggris

Di beberapa rumah di Inggris, gelondongan kayu besar diletakkan di perapian pada malam Natal dan sementara kayu itu terbakar, nyanyian Natal dan lagu pujian dinyanyikan dan dipentaskan drama tentang kelahiran Yesus. Menurut kebiasaan, anak-anak boleh tetap bangun sampai kayu itu terbakar habis, seringkali setelah larut malam.

8. Austria

Liburan dimulai tanggal 6 Desember dimana anak-anak berkumpul untuk menunggu kedatangan St. Nicholas (Santa Claus) beserta asistennya yang bernama Krampus (atau Piet Hitam). Pada malam Natal, ikan merupakan menu utama makan malam keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembagian hadiah dimana seluruh anggota keluarga mengitari pohon Natal yang telah dihiasi dengan lampu dan manisan buah plum.

9. Polandia

Di Polandia, beberapa keluarga sama sekali tidak makan sepanjang hari pada tanggal 24 Desember, tapi ketika bintang pertama muncul di langit malam, makan malam dihidangkan. Jamuannya biasanya merupakan makanan paling mewah dan beraneka sepanjang tahun. Sebuah kursi kosong dipasang di dekat meja untuk memberi pesan, “Yesus diundang ke meja makan kami.” Pada jamuan malam Natal ini, wafer perdamaian — yang diberikan oleh pendeta atau pastor pada tiap keluarga di jemaatnya — dipecahkan dan dibagi dengan semua yang ada di meja makan sebagai simbol perdamaian dan harapan yang baik.

10. Skandinavia

Di negara-negara Skandinavia, anak-anak secara tradisional meletakkan biji-bijian di atas tiang panjang supaya burung-burung bisa pesta sendiri pada pagi Natal. Jebakan dan jaring tidak pernah dipasang pada hari Natal. Menurut legenda, semua hewan di dunia berlutut dan menyembah Yesus pada hari itu. Mungkin Anda ingin menjamu burung-burung di lingkungan Anda dengan biji-bijian istimewa.

Sumber  artikel :

http://natal.sabda.org/cobalah_tradisi_natal_internasional

http://natal.sabda.org/tradisi_perayaan_natal_di_berbagai_negara

Sumber gambar :

http://www.omduszbani.blogspot.com

http://www.wolipop.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Others. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s