Manusia Otak Kiri atau Otak Kanan?

Hari ini kantor saya mengadakan seminar mengenai pengelolaan keuangan bagi karyawannya. Seminar ini dibawakan oleh Safir Senduk, seorang financial planner yang cukup terkenal. Saya pun mengikuti seminar ini. Ternyata thema yang dibawakan adalah : Bagaimana mengelola dana pesangan. Saya rasa saya tidak pensiun dini dalam waktu dekat, jadi sepertinya kurang cocok. Thema ini sengaja dibawakan oleh kantor ternyata untuk pegawai-pegawai yang mau di -manage service. Tetapi, ilmunya bisa kita terapkan juga kok🙂

Menurut mas Safir, pengaturan keuangan tergantung dengan karakter kita, tergantung dengan dominan otak kita. Pengaturan keuangan pada orang yang dominan otak kiri berbeda dengan orang yang dominan otak kanan. Apakah anda dominan otak kiri? atau otak kanan? bagaimana cara mengetahuinya?

Otak kiri umumnya berhubungan dengan logika dan analisis. Sedangkan otak kanan umumnya berhubungan dengan intuisi dan kreativitas. Otak kiri : matematika, analisis, bahasa, menulis, dll. Otak kanan : bersosialisasi, berinteraksi, menari,dll. Orang yang sangat dominan otak kiri biasanya dalam berbicara akan straight to the point , dia tidak akan menyampaikan sesuatu jika tidak ada tujuan. Sedangkan orang yang sangat dominan otak kanan dalam berbicara akan bertele-tele, berputar-putar dan baik untuk diplomasi.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap perbedaan otak kiri dan otak kanan, situs ini menjelaskan lebih detail perbedaannya seperti yang ditulis di bawah ini :

Otak Kiri

  1.     Umumnya menginginkan profesi atau pekerjaan sebagai programmer, dokter gigi, akuntan, peneliti, penasihat keuangan, teknisi, dan pekerjaan lain yang masih berkaitan dengannya.
  2.     Lebih senang membaca koran, majalah atau buku-buku non-fiksi.
  3.     Tertarik dengan hal-hal mesin.
  4.     Jika disuruh memilih, ia pasti lebih suka jadi arsitek dibandingkan interior.
  5.     Pandai Berbicara.
  6.     Disiplin waktu yang tinggi.
  7.     Cenderung membuat keputusan berdasarkan logika dibanding menggunakan perasaan.

Otak Kanan

  1.     Lebih memilih kelas seni atau puisi daripada matematika atau sains.
  2.     Ingin bekerja pada bidang pekerjaan yang mengutamakan kreatifitas dan sosial seperti penasihat, guru, seniman dan lain-lain.
  3.     Percaya pada kekuatan imajinasi daripada logika.
  4.     Tidak menyukai kegiatan yang terlalu memeras otak.
  5.     Hobi membaca buku novel atau fiksi.
  6.     Mampu mengingat mimpi-mimpi dengan jelas.
  7.     Lebih suka menonton film daripada berita.
  8.     Mempunyai kemampuan untuk membaca dan mengerti makna-makna foto dan gambar yang dilihat daripada membaca angka-angka.
  9.     Dalam mengambil keputusan lebih mengutamakan feelling dan perasaan yang kuat daripada menggunakan logika.

Contoh yang diberikan oleh mas Safir adalah sebagai berikut :

Suatu ketika anda pergi ke sebuah toko bersama dengan teman anda. Anda pun melihat sebuah pakaian yang sangat menarik, anda kemudian “jatuh cinta” kepada pakaian tersebut. Teman anda kemudian berkata bahwa anda sudah memiliki pakaian yang warnanya sama dengan pakaian itu. Corak yang dimiliki pakaian tersebut hampir sama dengan pakaian yang anda sudah miliki.

Jika anda berpikir bahwa anda sudah memiliki pakaian yang sama yang artinya anda tidak membutuhkan pakaian itu sehingga anda tidak membeli pakaian tersebut.Anda berpikir dengan logika anda. Menurut logika anda, anda tidak membutuhkan pakaian tersebut. Artinya, anda orang yang dominan otak kiri.

Jika anda tahu bahwa anda memiliki baju yang hampir sama, namun anda tetap berpikir bahwa anda mungkin tampil menarik dengan pakaian tersebut sehingga anda membeli pakaian tersebut. Anda berpikir denagn intuisi anda. Menurut intuisi anda, pakaian itu walaupun mirip dengan pakaian yang sudah anda miliki tetapi anda akan cocok dengan pakaian tersebut. Artinya, anda orang yang dominan otak kanan.

Contoh lainnya adalah ketika anda hendak mendepositokan uang anda. Ada beberapa bank yang menawarkan tingkat bunga yang berbeda.

Jika anda menganalisis dan membandingkan tingkat tersebut. Kemudian anda memilih bank yang menawarkan bunga tertinggi bahkan jika berbeda hanya 0, … % dengan bawahnya. Itu berarti anda dominan otak kiri.

Jika anda tidak membandingkan tingkat bunga dalam memilih bank melainkan memilih sebuah bank yang pegawainya anda kenal baik. Itu berarti anda dominan otak kanan karena orang yang dominan otak kanan lebih memilih relasi.

Menurut mas Safir, orang yang dominan otak kiri biasanya tidak menguasai banyak bidang tetapi sangat dalam. Sedangkan orang yang dominan otak kanan biasanya menguasai banyak bidang tetapi tidak dalam.

Ilmu membaca kepribadian orang lewat tulisan ( saya lupa namanya) yang merupakan salah satu cabang psikologi juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah anda dominan kanan atau dominan kiri.

Minta bantuan kepada rekan anda untuk mendikte tulisan berikut sementara anda menulis apa yang didiktekan rekan anda:

Saya ingin tidur yang nyenyak malam ini. Semoga saya mendapatkan mimpi yang indah sehingga saya bisa tidur yang nyenyak. Amin

Sekarang, perhatikan tulisan anda.

Perhatikan huruf “i” yang anda tulis.

Jika anda menulis titik tepat di atas batang huruf “i” berarti anda orang yang detail. Karena hanya orang detail yang menyempatkan dirinya untuk menuliskan titik.

Jika anda menulis titik di sebelah atas batang huruf “i” berarti anda orang yang berorientasi kepada tujuan. Apapun yang dilakukan asalkan tujuan tercapai.

Jika anda menulis titik di sebelah kiri atas batang huruf “i” berarti anda orang yang suka menunda nunda.

Jika anda tidak menulis titik berarti anda orang yang suka terburu-buru. Dalam sehari-hari, ketika bepergian anda orang yang suka lupa dan ketinggalan barang-barang.

Bentuk tulisan anda tersambung atau tidak menunjukkan dominan otak anda.

Jika tulisan anda tersambung , setiap huruf yang anda tulis kebanyakan adalah tulisan bersambung berarti anda dominan kiri karena anda menulis dengan sedikit buru-buru.

Jika kebanyakan huruf yang anda tulis tidak tersambung, berarti anda dominan kanan karena anda menulis dengan intuisi.

Hasil saya adalah : tulisan saya hampir semua tersambung dan titik pada huruf “i” tepat di atas batang huruf “i” dan ada yang beberapa di sebelah atas kanan.

Dominan otak mana kah anda? kiri atau kanan?

Kalau saya, saya rasa saya dominan otak kiri tetapi tidak sangat amat dominan. Saya sangat menyukai pelajaran yang memutuhkan perhitungan seperti matematika, fisika, kimia bahkan akuntansi sebenarnya. Saya tidak terlalu suka dengan pelajaran yang menghapal. Selain itu saya menyukai pelajaran bahasa. Saya benar-benar menyukai angka-angka yang rumit. Walaupun memusingkan dan menguras otak, namun saya menyukainya apalagi jika saya bisa menyelesaikannya dengan baik. Menurut orang, saya pandai berbicara. Saya juga sangat disiplin dan ketat terhadap waktu. Mengenai buku, saya menyukai membaca novel apalagi novel yang sedikit rumit, fiksi, penuh intrik yang membuat saya berpikir dan ada nilai sejarahnya. Namun, buku-buku yang membuat saya berpikir lebih menarik buat saya sehingga membuat saya membelinya. Saya sangat jarang membeli novel karena hanya dibaca 1-2 kali. Sedangkan buku yang membutuhkan berpikir seperti buku-buku psikologi biasanya saya beli dan cukup beberapa kali membacanya. Saya tidak terlalu suka imajinasi mungkin karena saya tingkat imajinasi saya rata-rata dan tidak tinggi. Saya tidak dapat mengingat mimpi dengan jelas. Jika disuruh memilih, saya rasa saya lebih mampu menjadi arsitek dibanding desainer interior. Saya selalu amazed dengan desainer interior.

Kembali ke topik seminar. Sayangnya seminar ini harus berhenti sampai pembahasan otak kiri dan otak kanan karena karyawan dipulangkan lebih cepat akibat demo BBM yang memanas. Semoga seminar ini dapat dilanjutkan🙂

Saya menemukan sebuah situs yang menarik mengenai otak kiri dan otak kanan ini. Jika ingin mengetahuinya, silahkan klik di sini.

Bagaimana hasil anda? Hasil saya : kanan-kiri. Tetapi jika melihat penjelasannya, saya lebih cocok dengan kiri-kanan.

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Psychology. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s