Review Pembersih Muka

Pada postingan sebelumnya saya sharing bahwa saya kembali menggunakan sabun bayi sebagai sabun muka saya ( istilah kerennya : pembersih muka😀 ). Ternyata, pembersih clean & Clear yang saya gunakan adalah pembersih untuk normal cenderung kering (ya wajar saja saya kurang cocok).

Ketika saya masih kuliah di Bandung, kulit wajah saya cukup dengan sabun bayi. Saya tidak melakukan facial rutin dua minggu sekali. Saya sangat jarang Beauty Center untuk melakukan facial, sudah syukur 6 bulan sekali. Namun, kulit saya tidak rewel. Sedangkan di Jakarta, rasanya sabun bayi tidak cukup karena jerawat lebih rajin muncul dibanding ketika kuliah. Apakah karena sudah terlanjur jerawat lebih banyak/ well, I don’t know tapi yang pasti kulit saya lebih manja :))

Seminggu sekali, saya men-scrub wajah saya dengan produk The Face Shop, Black Head Clear Cleansing Foam seminggu sekali. Setelah men-scrub, kulit wajah saya memerah dan perih. Awalnya saya mengira kulit saya sensitif dengan panas matahari. Namun, setiap selesai melakukan scrub muka saya memerah dan perih kemudian mengelupas. Akhirnya saya berhenti melakukan produk yang sebelumnya hanya saya gunakan untuk kulit hidung.

Sebenarnya scrub yang membersihkan komedo dari kulit cukup penting karena komedo adalah cikal bakal jerawat. Komedo terbentuk karena debu dan kotoran yang terperangkap dalam pori-pori. Oleh sebab itu, kotoran dan debu lebih banyak terperangkap oleh pori-pori besar.

Cuaca yang panas membuat kita lebih mudah berkeringat dan wajah lebih mudah berminyak dibanding daerah bercuaca sejuk. Keringat dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan mengundang minyak, kotoran dan bakteri. Oleh sebab itu, di daerah bercuaca panas, kulit lebih mudah berminyak. Berbeda dengan di daerah cuaca dingin di mana kulit cenderung kering.

Dengan adanya pertimbangan-pertimbangan di atas, saya kemudian mengubah perlakukan saya terhadap kulit wajah:

1. Untung mencegah komedo sehingga membuat kulit lebih halus, saya menggunakan produk yang tidak terlalu berat dan bisa digunakan setiap hari. Untuk ini, saya menggunakan Clean & Clear Daily Pore Cleanser. Selain lebih banyak scrubnya dibanding Black Head Clear Cleansing Foam, produk ini lebih lembut terhadap kulit saya dan dapat digunakan setiap hari. Saya menggunakannya sekali setiap hari yaitu setiap mandi pagi. Setelah itu, saya membersihkan kulit muka dengan sabun bayi. Daily Pore Cleanser ini hanya membersihkan komedo sehingga saya masih membutuhkan pembersih lain. Jika anda menemukan beberapa ciri berikut dari kulit anda : kulit terasa perih, susah mengangkat alis dan sensitif terhadap sinar matahari berarti dosis scrub anda berlebihan. Selama saya menggunakan daily pore cleanser, saya tidak menemukan ciri-ciri tersebut sehingga dosis penggunaan saya masih wajar😀

2. Untuk menghilangkan jerawat yang biasanya bercokol di tempat -tempat yang sulit terjangkau, saya menggunakan sabun Seba Med selain krim pagi yang diberikan oleh dokter. Sebelumnya saya hanya mengetahui produk Seba Med yaitu lip balm. Atas saran seorang teman saya, saya menggunakan sabun Seba Med. Hasilnya cukup lumayan. Jerawat saya lebih cepat kering. Harganya memang cukup mahal dan sabun ini kurang awet dibanding sabun batangan pada umumnya. Saya menggunakan sabun ini sekali dalam seahri yaitu mandi sore. Saya rasa saya belum perlu meningkatkan jumlah penggunaan saya. Produk ini layak untuk dicoba🙂

3. Sabun bayi. Sabun bayi yang biasanya saya gunakan adalah CUssons dan Johnson&Johnson. Menurut saya, hampir semua sabun bayi sama saja. Mengapa sabun bayi? banyak orang yang menggunakan sabun ini untuk wajah mereka karena sabun ini “diracik” sedemikian rupa sehingga cocok untuk kulit bayi yang sensitif.

4. Saya mengelap atau membasuh muka saya hampir setiap saya berkeringat. Keringat menurut beberapa orang mengeluarkan kotoran dari tubuh. Namun kotoran ini tertinggal di wajah. Oleh sebab itu, kotoran yang dibawa oleh keringat ini harus dibersihkan. Menurut saya, wajah cukup dilap dengan handuk/tissue yang bersih dan dibasuh dengan air. Saya rasa tidak perlu menggunakan sabun karena penggunakan sabun yang terlalu sering tidak baik untuk kulit.

Ini merupakan review produk wajah yang saya gunakan untuk pembersih wajah. Mungkin belum tentu dosis penggunaan atau produknya tidak sesuai untuk anda. Namun, semoga tulisan ini dapat memberikan beberapa info yang dibutuhkan😀

Images taken from :

http://fitriaabubakar.blogspot.com

http://www.healthchemist.co.nz

http://beauty.asianscent.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in My Stuff. Bookmark the permalink.

2 Responses to Review Pembersih Muka

  1. iraa says:

    beli sebamed nya di mana yaah ?🙂

Leave a Reply

