Antologi Rasa

https://i2.wp.com/hersmagz.com/wp-content/uploads/2011/11/antologi.jpgSetelah membaca novel dengan topik yang cukup berat serta beberapa buku non fiksi, saya memutuskan untuk “istirahat” sejenak dengan membaca novel yang topiknya cukup ringan. Beberapa novel metropop yang saya baca memiliki ciri khas tersendiri. Selain ide yang cukup ringan, para tokoh dalam novel ini adalah masyarakat urban dengan kehidupan yang glamor dan agak bebas seperti kehidupan beberapa eksmud di kota metropolitan. Hal ini terlihat dengan brand-brand papan atas yang sering disebutkan dalam novel, lingkungan para tokoh yang mahal dan glamor. Beberapa pihak pun mengkritik hal ini karena sebenarnya bukan elemen penting dan bisa dihilangkan dari sebuah novel. Mungkin saja hal itu pemanis dari topik yang cukup ringan. Well, sometimes you don’t need a novel with spectacular topic yet with topic that you’ve ever experienced to take your attention.

Beberapa hari lalu, teman saya meminjamkan sebuah novel metropop, Antologi Rasa yang ditulis oleh Ika Natassa. Ternyata dia adalah penulis dari novel metropop pertama yang saya baca, A Very Yuppy Wedding. Kedua novel ini memiliki beberapa persamaan, selain eksmud dan beberapa brand high class dicantumkan, ide yang disajikan cukup menarik dan sanggup mengocok emosi dibanding novel-novel metropop lainnya atau novel bertopik ringan yang pernah saya baca.

Antologi Rasa bercerita mengenai persahabatan empat kawan, dua pria dan dua wanita. Several people say, women and men can’t stay in a friendship. Tokoh dalam novel ini juga terlibat love in friendship. Harris mencintai Keara, Keara mencintai Ruly, Ruly mencintai Denise yang sayangnya sudah menikah dan tetap mencintai suaminya, Kemal. Harris adalah tipikal eksmud muda, ganteng , flamboyan dan menyukai kehidupan glamor juga bebas. Hampir tidak ada wanita yang sanggup menolaknya. Pertama kali bertemu dengan Keara, Harris menjadikan Keara target korbannya. Namun tak disangka, Keara adalah wanita pertama yang sanggung menawan hati Harris. Apapun yang bisa dilakukan untuk wanita yang dicintai nya itu, akan dia lakukan.Bahkan saat dia tahu bahwa Keara mencintai Ruly, sahabatnya sendiri dia tetap menjadi pria yang ada kapanpun Keara butuh. Someone has ever said, se-playboy playboy nya cowo itu, suatu saat akan luluh dan bertekuk lutut pada satu wanita. Banyak wanita yang menginginkannya, tetapi dia hanya menginginkan wanita yang dia cintai. Kalau bukan karena Ruly adalah sahabatnya, mungkin Harris sudah membencinya dan mungkin menghajarnya. Pria mana yang suka dengan pria yang disukai atau pacar dari wanita yang dicintainya? Terlebih ketika pria itu membuat hati sang wanita sakit atau membuat wanita itu nangis. Pria benci ketika melihat wanita pujaannya nangis dan terluka, terutama benci kepada pria yang melukai wanita tersebut.

Ada satu hal, tepatnya kesalahan yang dibuat Harris karena dia menginginkan Keara. Kesalahan tersebut benar-benar membuat Can Men and Women Really Just be Friends?kecewa Keara dan tanpa penyesalan memutuskan hubungan persahabatannya dengan Harris. Well guys, kadang cinta itu memang merusak persahabatan. Kadang untuk menjaga persahabatan, pihak yang mencintai rela menutup-nutupi perasaannya demi menjaga persahabatan.

Keara adalah Harris dalam rupa wanita. Selain “pecinta kehidupan”, Harris adalah orang yang pertama ada ketika Keara butuh. Ketika suntuk, Harris ada untuk menemaninya, clubbing, menikmati wine atau apapun bahkan di saat menjadi partner in crime untuk mengusir teman kencan Keara yang menyebalkan. Selain menjadi partner in crime, Harris adalah tempat curhat Keara. Setiap apapun yang dialami oleh wanita ini, pasti Harris adalah orang pertama yang mengetahui nya. Guys, ketika wanita sudah menempatkanmu dalam area friendzone , brotherzone atau sejenisnya, susah bagimu untuk keluar dari area tersebut. Seseorang pernah mengatakan wanita punya kemampuan untuk mengkategorikan pria sekitarnya. Dia mampu mengkategorikan pria mana yang masuk friendzone atau area-area di mana pria-pria dalam area tersebut selama nya stay dalam area itu dan tidak menjadi kekasihnya. Seorang sahabat pria bagi wanita adalah pria yang selalu ada ketika dia butuhkan, telinga untuk mendenger keluh kesah wanita, hati yang simpati atas setiap penderitaan yang dialami wanita, jari untuk menghapus air mata wanita ini karena pria yang dicintainya, dan lengan untuk memeluk sang wanita ketika dia tersedu-sedu menceritakan hatinya yang sakit karena pria yang dicintainya. Namun ya itu, wanita ini selalu kembali kepada pria yang dicintainya. Dia butuhkan sahabatnya untuk curhat dan kemudian kembali kepada pria yang dicintainya. Sang sahabat yang mencintainya cuma bisa menemaninya, menolongnya dan kemudian kesal kepada pria yang dengan teganya menyakiti hati wanita yang dicintainya ini.

Ruly berbeda dengan Keara ataupun Harris. Ruly orang yang simple, dia cuma butuh jogging dan fast food sebagai pelarian dari kesuntukan. Sederhana, alim dan workaholic adalah karakter Ruly. Kenapa Keara bisa jatuh cinta kepada Ruly yang berbeda jauh dengan dirinya? Ya, manusia cenderung menyukai orang yang berbeda dengannya. Suatu malam ketika Keara putus dengan Enzo, Ruly menemaninya melepaskan kegalauannya dan berkata bahwa dia selalu ada ketika Keara butuh. Menurut saya, selain berbeda tipe Keara mencintai Ruly karena Ruly dengannya tidak sedekat Harris. Ruly ada di luar area pria-pria yang dekat dengan Keara. Sedangkan Harris ada di dalam area tersebut. Keara sudah sangat sangat mengenal Harris dan menjadi partner in crime. Keara tahu Ruly mencintai Denise tetapi seperti kata orang, cinta itu kadang tidak ada logika, Keara tetap mencintai Ruly. She’s wanted by dozens and dozens of men and She only wants Ruly. She loves Ruly because Ruly is Ruly.Cinta itu gak ada logika, cinta itu buta, cinta itu gila dan berbagai ilustrasi tentang cinta. Banyak pria yang menginginkan Keara dan sebenarnya tidak sulit bagi Keara untuk membuat para pria bertekuk lutut depannya. She’s flirting-able and naughty girl. Dia berpikir di depan Ruly, dia adalah bitch , jauh di bawah Denise yang sebenarnya physically, Keara lebih unggul dibanding Denise. Dia tahu Ruly mencintai Denise, dia tahu bahwa dia dan Ruly berbeda tetapi dia tetap mencintai Ruly for years. Banyak pria yang available untuknya tetapi dia cuma memilih Ruly bahkan di saat ada pria-pria sekitar nya yang lebih baik daripada Ruly. Mengapa seorang pria bisa membuat wanita sebegitu jatuh cintanya padahal wanita ini sanggup membuat banyak pria jatuh cinta kepadanya? Because love beyond logic, love is about emotion.

0410-man-woman-friends-sm.jpgRuly tahu kalau Denise sudah menikah dan Denise benar-benar mencintai suaminya itu. Seperti pria lainnya yang Cuma bisa jadi sahabat wanita yang dicintainya, Ruly selalu ada buat Denise, Ruly selalu ada setiap Denise dengan tersedu-sedu menceritakan kelakukan Kemal yang brengsek itu, perselingkuhannya di mana-mana. Ruly benci kepada Kemal yang tega melukai hati Denise tetapi dia tidak bisa melakukan apapun selain menjadi sahabat yang setia kapanpun Denise butuh. Dia Cuma bisa melihat Denise menangis tanpa nekat untuk merebut Denise dan tetap menjadi coward (anggapannya sendiri) yang tetap mencintai sahabatnya itu walaupun sahabatnya sudah menikah. Ruly memang tidak begitu dekat dengan Keara, namun pada akhirnya dia menemukan bahwa Keara adalah pribadi yang menarik dan dia tahu alasan kenapa dia tidak bisa dekat dengan Keara. Dia tidak bisa dekat dengan Keara karena Keara memiliki pesona yang luar biasa yang sanggup membuat pria-pria klepek-klepek. One day, setelah hopeless melihat pernikahan Denise dan Kemal yang sudah membaik, Ruly sadar bahwa dia tertarik kepada Keara.Mereka pun sempat dekat namun by the end, Ruly tetap kembali mencintai Denise.  Keara indeed can never win this. Ada yang pernah mengatakan kepada saya, pria bisa saja jatuh cinta kepada beberapa wanita namun in the end, pria itu akan kembali kepada wanita pertama yang dicintainya. Namun buat saya, saya tidak rela berbagi hati pria yang saya cintai dengan wanita lain :p

Denise, ya Denise digambarkan sebagai wanita yang ramah, pendiam dan sedikit kemanjaan. Denise adalah contoh istri idaman pria-pria dari kalangan manapun. Cantik, keibuan dan jago masak. Denise mencintai Kemal, suaminya walaupun Kemal seringkali menyakiti hati Denise lewat perselingkuhannya. Denise pernah ngomong, botol walaupun berceceran isinya bakal kembali lagi. Denise berpikir pria mau melanglang buana ke manapun tetap akan kembali ke sini, ke tempat seharusnya dia berada. Denise adalah tipikal wanita yang nrimo, rela segeblek-gebleknya disakiti suaminya. Dia pernah tegas kepada Kemal tetapi luluh kembali ketika Kemal meminta maaf kepadanya. Hal ini terjadi berulang kali bagai lingkaran setan. Kemal selingkuh, Denis marah dan mengusirnya, Kemal minta maaf dan Denise menerimanya. Denise memiliki sahabat pria yang setia menjadi teman curhatnya, yang setia ada kapanpun dia butuhkan terlebih ketika dia melewati saat kritis. Sahabat yang selalu ada ketika dia disakiti oleh pria yang dicintainya. Sekedar melepas kepenatan hati akibat Kemal agar hati nya bebas dari rasa sakit dan kembali kepada Kemal. Denise tidak sadar bahwa ada pria yang rela memberikan waktu, perhatian dan hati kepadanya karena mencintainya namun tetap saja mencintai pria yang memang dia cintai walaupun seringkali menyakitinya.

Saya dulu pernah berkata, saya tidak butuh banyak pria yang mencintai saya. Saya hanya butuh dicintai oleh pria yang saya cintai.

Source Image :

http://www.eharmony.com

http://www.glamour.com

http://www.hersmagz.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Book Review. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s