Kaya itu Relatif

richKota yang identik dengan kemudahan fasilitas, pusat perbelanjaan yang tersebar, teknologi yang canggih, listrik yang memadai dan tingkat konsumsi yang tinggi membuat masyarakat di kota terlihat lebih kaya dibanding masyarakat yang di desa. Mungkin ini adalah salah satu pemicu terjadinya urbanisasi.

Dengan segala keuntungan yang sudah disebutkan di atas, apakah sudah pasti masyarakat di kota lebih kaya daripada masyarakat di desa?

Masyarakat di desa bisa menikmati buah yang masak di pohon dan memetik langsung di kebun tanpa membayar. Bahkan hasil panen rumahan ini dibagikan kepada tetangga yang tidak memiliki sehingga tetangga yang tidak memilihi pohon buah pun bisa menikmati secara gratis.

Masyarakat di kota jarang menikmati buah yang masak di pohon dan gratis pula. Banyak buah yang dijual adalah buah hasil karbitan untuk menjaga agar dalam proses distribusi, buah tidak mengalami kebusukan.

Apakah orang kota lebih kaya daripada orang desa?

Kebun di desa bisa ditanami berbagai macam sayuran yang diberi pupuk alami. Hasilnya bisa dinikmati langsung sehingga kandunganpoor gizi nya masih terjaga dengan rasa yang lebih nikmat tentunya. Sayur yang dipanen juga untuk konsumsi seperlunya sehingga setiap hari selalu ada persediaan sayur yang segar.

Orang di kota membeli sayur dan menyimpannya untuk seminggu dalam kulkas. Sayur yang kurang segar dengan pupuk buatan serta pestisida yang membuat sayurpun tidak dapat dicerna oleh ulat.

Ayam beserta telur nya, sapi beserta susu nya serta kolam yang dipenuhi ikan organik menjadi penyedia kebutuhan protein warga desa. Ayam yang baru dipotong dapat langsung dikonsumsi. Susu yang segar , telur yang masih baru dan ikan yang masih segar menjadi konsumsi orang desa. Bahkan desa pesisir pantai dapat langsung menikmati ikan hasil tangkapan di laut yang rasanya lebih manis.

Orang di kota membeli ayam yang sudah dipotong mungkin 1 bulan yang lalu untuk dikonsumsi 1 minggu kemudian. Susu sapi yang entah kapan diproduksi dan dikonsumsi ntah berapa hari ke depan. Telur yang dihasilkan entah berapa minggu sebelumnya yang dikonsumi beberapa waktu ke depan. Ikan yang sudah diawetkan dengan cara dibekukan tentu saja rasanya jauh berbeda dengan ikan segar.

Jalan yang lengang di desa sehingga tidak perlu mengalami kemacetan yang membuat nyaman untuk menggunakan kendaraan umum.

Jalan di kota macet, angkutan kota yang semrawut sehingga memaksa orang kota menggunakan kendaraan pribadi.

Katanya, negara yang maju adalah negara di mana orang kaya nya menggunakan kendaraan umum.

desaOrang desa dapat menikmati udara yang segar, minimnya polusi, banyaknya pepohonan dan tanaman yang membuat mata sejuk.

Orang di kota terpaksa menghirup udara yang kotor, polusi terutama CO di jalanan yang macet.

Siapa yang lebih kaya?

Di desa masih banyak tanah lapang, masih banyak area kosong yang dapat digunakan oleh anak-anak menjadi tempat bermain.

Di kota, tanah kosong adalah sesuatu yang langka. Anak-anak harus bermain di jalan dan kalau punya sedikit budget dapat pergi ke game center atau bermain game di rumah tanpa ada interaksi sosial.

Siapa yang lebih kaya?

Orang desa punya waktu luang yang banyak karena waktunya tidak habis di jalan. Masih bisa bercengkrama dengan keluarga bahkan tetangga. Waktu yang ada juga dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah sehingga tidak membutuhkan pembantu.kota

Orang kota punya waktu luang yang sangat sempit. Waktunya banyak yang habis di jalan, belum kalau lembur. Tidak sempat berinteraksi dengan keluarga maupun tetangga apalagi mengerjakan pekerjaan rumah.

Jadi, siapa yang lebih kaya?

Inspired by : Khotbah oleh Jose Carol at JPCC 20 Oktober 2013

Image Source :

http://wajahdesa.wordpress.com

http://sangwidy.wordpress.com

http://mc3fallennation.wikia.com

http://frontpagemag.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in My Stuff. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s