Pelayanan Pengaduan Provinsi Jakarta

Kami menikah pada tanggal 21 Juni 2014. Karena menikah di Gereja, surat dari catatan sipil tidak diberikan pada hari tersebut.

Beberapa hari kemudian saya bertanya kepada suami mengenai kapan diberikan surat nikah dari catatan sipil. Sayangnya nomor telepon petugas catatan sipil yang melakukan catatan sipil hilang. Untungnya saya punya nomor salah satu petugas (atau kepala?) catatan sipil tersebut. Setelah menelepon, saya diberi tahu bahwa harus menyerahkan surat nikah dari gereja beserta copy nya.

Ketika kami menyerahkan surat nikah dari gereja dan menanyakan kapan selesai surat nikah dari catatan sipil, petugasnya tidak memberitahu tanggal pasti atau perkiraan tanggal selesai nya surat tersebut. Beberapa kali kami follow up dan alasan dari petugas tersebut adalah butuh surat dispensasi dari kota asal saya yaitu Jayapura. Surat ini sudah pernah dimintakan ketika ibu mertua saya mendaftarkan pernikahan kami di catatan sipil. Kami pun melakukan cross check ke Catatan Sipil Jayapura. Surat dispensasi ini dibutuhkan jika pendaftaran nikah kurang dari 10 hari kerja dari hari pernikahannya. Kami mendaftar tanggal 2 Juni 2014. Somehow, issue itu solve sehingga petugasnya datang ketika pemberkatan. Akan tetapi issue ini diangkat lagi ketika kami mengurus surat nikah.

Setelah beberapa kali diskusi dengan petugas, suami saya ke sana tetapi katanya suratnya tidak jadi. Kemudian dijanjikan hari Kamis, lalu mundur ke hari Senin. Suami saya ke kantor catatan sipil hari Senin tetapi petugasnya mengatakan bahwa surat nya belum selesai.

Karena tidak puas dengan pelayanan catatan sipil, suami saya pun mengirimkan email pengaduan kepada sekretariat.wagub[at]gmail[dot]com pada hari Senin. Ternyata pengaduan kami direspon dengan baik. Salah satu petugas sekretariat mengirimkan sms kepada suami mengenai masalah apa yang diadukan. Suami saya kemudian menjelaskan apa yang terjadi, bagaimana pelayanan kantor catatan sipil. Beberapa waktu kemudian, petugas catatan sipil mengirimkan sms kepada suami saya bahwa suratnya sudah selesai. Itu semua selesai pada hari Senin.

 

Terima kasih untuk bapak-bapak yang mengurus pengaduan ini. Terima kasih terutama untuk Pak Ahok yang mau memperhatikan rakyatnya dengan membuat suatu badan/bagian untuk melayani pengaduan.

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in My Stuff. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

