Kuliner di Malang Part II

Beberapa kali saya ke Malang, ada beberapa tempat kuliner yang pernah saya kunjungi. Siapa tahu ada yang nyari referensi kan. Hehe… Berikut adalah beberapa tempat kuliner yang saya kunjungi :

1. Bakso Bakar Pahlawan Trip

Beberapa tahun terakhir, bakso bakar cukup ngetrend di dunia perkulineran. Salah satu tujuan kuliner yang menjual bakso bakar adalah Bakso Bakar Pahlawan Trip yang terletak di Jl.Pahlawan Trip deket Jl.Ijen. Selain bakso bakar, tempat ini juga menjual bakso kuah. Mungkin karena tidak pake kuah, bakso bakar rasanya lebih gurih (tepatnya lebih asin sih). Walaupun pesen nya bakso bakar, tetapi kuah bakso juga dikasi tentunya di mangkok yang berbeda. Nah buat yang penasaran dengan bakso bakar, tempat makan ini bisa menjadi salah satu tujuan. Tempat ini selalu rame lho dan buka nya sampai malam.

2. Bakso Bakar Trowulan

Di kota Malang, ada beberapa tempat makan yang menjual bakso bakar. Selain Bakso Bakar Pahlawan Trip, bakso bakar juga bisa ditemukan di Bakso Bakar Trowulan dan Bakso Bakar Pak Man. Kali ini, saya mengunjungi Bakso Bakar Trowulan yang terletak di Jl.Candi Trowulan. Enaknya makan di sini, soun nya gratis! Jadi buat pecinta gratisan (minimal soun nya lah), bisa kunjungi tempat ini. Selain bakso bakar, tempat ini juga menyediakan bakso kuah. Sama seperti bakso bakar Pahlawan Trip, bakso yang akan dibakar ditusuk dengan semacam kayu, jadi dibuat seperti sate lalu dibakar. Bakso diberi campuran bumbu, lalu dibakar. Nah bakso yang sudah dibakar,kemudian disajikan di dalam sebuah mangkok tentunya sudah dikeluarkan dari tusukannya. Hehe…

Seingat saya, bumbu bakso bakar trowulan ini lebih menggigit, aroma daging sapi nya juga lebih menggigit dibanding Bakso Bakar Pahlawan Trip. Jadi kalau mau yang bumbu dan aroma daging sapi nya menggigit, bisa mengunjungi tempat ini tetapi kalau yang gak terlalu suka rasa daging sapi yang mendominasi dan bumbu yang menggigit, bisa ke Pahlawan Trip. Bakso kuah yang disediakan di bakso bakar trowulan memiliki rasa yang luar biasa dengan kuah yang segar. Rasa bakso bakarnya lebih asin menurut saya dibanding bakso kuahnya jadi saya malah lebih doyan bakso kuah nya. Seperti Bakso bakar Pahlawan Trip, tempat ini tidak pernah sepi.

Bagi yang mau mencicipi bakso bakar, kedua tempat di atas bisa dikunjungi.

3. Bakso Gun

Penyajian makanan di depot ini cukup berbeda dengan depot bakso atau gerobak bakso lainnya karena penyajiannya ala ala Jepang gitu. Setiap meja disediakan steamboat untuk memasak/memanaskan makanan yang sudah dipilih pelanggan. Pelanggan di sini memilih sendiri isi menu nya. Bakso yang dijual bukan hanya bakso sapi tetapi juga bakso udang, bakso ikan, dan lainnya. Selain itu ada pelengkap lainnya seperti sawi, jamur, siomay, tahu, mie, dan lainnya. Pelengkap diletakkan di display yang dengan mudah dilihat dan dipilih oleh pembeli. Setelah memilih dan membayar, pelanggan bisa langsung ke meja untuk menikmati makanan yang sudah dibeli. Tempat nya tidak begitu besar dan pembeli yang datang cukup banyak. Rasa makanan yang dijual benar-benar ciamik, worthy untuk dikunjungi.

Bakso Gun beralamatkan di Jl. Kawi Atas No.41. Kalau misalnya tahu pecel Kawi, Bakso Gun ini gak jauh-jauh kok.

4. Nasi Bhuk Jl.Kawi

Sebenarnya saya cukup penasaran dengan nasi bhuk yang sepertinya cukup merakyat di Malang, wong di mana-mana ada penjual nasi bhuk. By accident juga sebenarnya mengunjungi warung ini. Rencana awalnya kami mau nyobain Pecel Kawi. Sayangnya, pecel kawi nya tutup karena liburan Lebaran. Akhirnya melipir ke sebelah yang kebetulan depot nasi bhuk. Nasi bhuk yang recommend oleh keluarga saya adalah nasi bhuk yang deket pasar besar. Nasi bhuk lain yang terkenal adalah nasi bhuk matirah.

Nasi bhuk sebenarnya mirip nasi rames yang ditaburi serundeng dan ditemani sayur nangka bersantan. Nah untuk lauknya ada beberapa pilihan yaitu empal, babat, sate, ayam goreng, mendol dan lainnya. Nah babat & empal nya nasi bhuk di Jl. kawi ini (duh maaf saya lupa namanya) jadi favorit saya. Rasanya lembut dan bumbunya maknyus.

Sayangnya sampai sekarang saya belum kesampaian nyobain nasi bhuk yang suka mangkal di pengkolan deket pasar besar ataupun nasi bhuk matirah yang jadi legenda itu.

5. Bakso Ku

Bakso Ku ini terletak dekat dengan Jl.Zainul Arifin (masih area deket pasar besar juga). Selain buka depot, bakso ku juga dijual oleh gerobak-gerobak. Kebetulan ada gerobak bakso ku yang nangkring di pertokoan kayu tangan. Rasa bakso nya emang maknyus, kerasa banget daging sapi nya. Siomay nya juga enak begitu juga dengan kuah bakso nya. Bakso ini termasuk salah satu favorit saya.

6. Bakso Gondhol

Bakso Gondhol ini menjual bakso haram! (you understand lah what I mean). Sama seperti penyajian bakso khas malang, pelanggan bisa memilih isian dari mangkok : bakso kasar, bakso halus,bakso goreng, siomay, pangsit, tahu. Bedanya, daging yang digunakan adalah daging haram. Rasanya, uiiih jangan ditanya deh, maknyuuuus bener. Kuahnya pun gurih. Yang ngantri untuk beli puanjang banget. Salah satu rekomendasi lah untuk pengonsumsi bakso haram. Bakso gondhol bisa ditemui di Jl.S.Priyo Sudarmo No.35 Kav.10. Letaknya di deretan ruko, pas banget depan Jl.Gotong Royong.

7. Rujak Manis Semeru

Sesuai namanya, Rujak ini terletak di Jl. Semeru dan mengambil lokasi di depan pekarangan sebuah rumah sebrangnya stadion Gajayana. Pembeli yang mengunjungi tempat ini juga sangat banyak. Tenda ini buka nya tidak sampai malam, kira-kira sampai sore (atau sampai habis). Porsi rujak yang ditawarkan cukup besar (buat saya untuk 3-4 orang).  Sepiring penuh irisan buah-buahan yang beraneka macam ditemani sepiring bumbu rujak yang manis (ingat, ini rujak manis lho). Selain rujak, ada juga tahu petis dan es degan yang dijual untuk menemani pelanggan menikmati rujak.

8. Cwie Mie Gloria

Cwie Mie mirip dengan mie ayam. Bedanya, cwie mie menggunakan taburan ayam yang lebih halus mirip abon sedangkan mie ayam menggunakan ayam yang dipotong kecil-kecil dan diberi kecap. Selain itu sayuran yang digunakan adalah selada. Cwie mie adalah makanan khas Malang. Salah satu restoran yang menjual cwie mie adalah Cwie Mie Gloria yang terletak tidak jauh dari Pasar Besar yaitu di depan Plaza Malang. Selain cwie mie, banyak chinese food lainnya seperti koloke, dan lain-lain yang dijual di restoran ini. Restoran ini  merupakan salah satu tujuan restoran yang dikunjungi untuk makan keluarga.

 

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Culinary & Cooking. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s