Pregnancy Review – Week 29

Boston_Newborn_Photographer3aSejak umur 9 minggu, saya kontrol ke dr.Ekarini di RS St.Carolus Salemba. Sebelumnya saya kontrol ke dr.Yusfa di RS YPK Mandiri. Walaupun kebijakan RS Carolus bahwa nomor antrian per register via telpon, tetapi dokter ini menerapkan kebijakan nomor antrian per kedatangan. Pasiennya buanyaaaaaaaaaaaaak banget dan dokternya sibuk banget jadi sering suka telat. Menurut saya, selain memang terkenal ok, dokter ini adalah dokter obgyn perempuan satu-satunya di Carolus.

Setelah saya kontrol di Carolus barulah saya tahu bahwa rumah sakit ini pro kelahiran normal, pro ASI dan pro IMD. Bukan bermaksud mempromosikan, tetapi saya bersyukur memilih rumah sakit ini (walaupun awalnya sempet underestimate karena teman-teman kantor sepanjang yang saya tahu tidak kontrol ke sini). Selain itu, obat yang diberikan oleh dokter adalah obat-obat buatan pabrik dalam negeri.

Tidak setiap kontrol di-usg, jadi selang-seling usg dan kontrol jantung (pakai alat semacam il_340x270.608554841_5jysmicrophone untuk mendengar detak jantung) jadi lumayan hemat (he..he..he..) selain itu dokter ga rajin cetak foto USG kecuali pasien minta (nah lebih hemat lagi). Kontrol bulan Desember , si dekbay udah sekitar 21 minggu 5 hari. Saya tanya ke dokter, kira-kira apakah jenis kelaminnya sudah bisa dicek. Kata dokter kalau cowok sudah bisa, kalau cewek untuk pastinya di bulan tujuh. Akhirnya di-usg karena emang giliran usg. Dokter nya kemudian menunjukkan bahwa ini bagian selangkangan. Karena ga kelihatan ada yang menonjol, jadi perkiraan pertama cewek. Namun waktu alatnya digerakkan lagi, eh di bagian selangkangan ada yang menonjol mirip banget sama monas. Kata dokternya, ini kelihatan kayak cowok. Ya sudah, nanti dipastiin bulan tujuh saja jenis kelaminnya.

Kontrol Januari (25 minggu 5 hari), dokter hanya mengecek jantung si dekbay. Puji Tuhan irama jantungnya OK. Si dekbay aktif banget di kandungan tapi saya senang. Sejak beberapa minggu terakhir, gerakan dekbay ada yang sampai nonjol dan membuat seperti “kram”. Untungnya si dekbay bisa nurut mamanya kalau diminta ga kencang-kencang ninju / nendangnya. hehe… Kontrol kali ini, bu dokternya udah mulai menyarankan mengurangi yang manis-manis. Sebenarnya bingung kalau disuruh gini soalnya saya bukan pecinta manis dan konsumsi yang manis-manisnya bisa dihitung dengan jari. Saya tanya ke bu dokter kira-kira mulai kapan berat badan dikontrol. Katanya mulai umur tujuh bulan. Saya tidak bertanya sih kenapa tidak tiap bulan tetapi hanya bulan ke tujuh. Saya kemudian mengingat pesannya waktu masih umur 9 bulan, “Lo sekarang makannya banyak daripada ntar pas udah umur 7 bulan gw suruh diet.” dan membandingkan beberapa literatur yang mengatakan bahwa bulan-bulan awal itu untuk pembentukan organ-organ sedangkan bulan-bulan terakhir hanya penambahan massa tubuh. Jadi saya berkesimpulan, kenapa dikontrolnya mulai bulan 7, ya soalnya kalau bulan-bulan awal dilarang-larang, ntar ngaruh lagi ke pembentukan organ-organnya. Apalagi bulan-bulan awal kan masalah nya bumil itu nafsu makan. Oh iya, pada kontrol bulan desember, saya pernah mengeluhkan ulu hati saya yang sakit hingga tembus ke belakang (kata dokter itu maag). Menurut bu dokter, bisa terjadi karena makan nya kebanyakan. Karena udah lewat 16 minggu, makan malam nya dikurangi juga gak papa.

sylish-grey-color-new-born-baby-boy-hat-ideasSabtu kemarin, kami pun kontrol dan umur si dekbay 29 minggu 5 hari. Deg-degan juga karena menurut saya , ini waktunya untuk mengetahui jenis kelamin si dekbay. Puji Tuhan, kepalanya di bawah jadi menurut bu dokter belum perlu ngepel jongkok. Jantungnya juga sehat, semua bagian tubuh sehat. Bu dokter agak bingung pas ngelihat hidung si dekbay trus bandingin ke hidung kami berdua. Wah hidungnya gede kayak bapak nya nih (tapi pas perjalanan pulang kata si hubby, kayaknya hidungnya lebar kayak kamu deh), mukanya manis nih (asiiiik.haha). Kemudian si dokter nunjukkin bagian selangkangan. Ada semacam dua bulatan kecil (yang kemudian, saya menebaknya adalah testis). Si suami disuruh nebak sama bu dokternya tetapi ragu , takut salah katanya.hehe..  Bu dokter kemudian mengarahkan alat pendeteksi USG nya ke bagian lain, semua bagian tubuhnya sudah terbentuk sempurna. Kata bu dokter, ini artinya walaupun saya tidak makan, si dekbay tidak akan meninggal. Si dekbay beratnya ternyata 1470 gram padahal untuk umur segitu, standarnya adalah 1100 gram berarti dekbay nya kelebihan berat badan. Karena dokter nya (dan pasiennya) mau lahiran normal, jadi berat bayi ketika lahir tidak boleh lebih dari 3,5 kg karena kalau lebih, panggul si ibu rusak. Karena dekbay nya kelebihan berat badan, saya disuruh diet deh T.T Kayaknya saya gak banyak ngemil & makan yg manis-manis deh tapi kenapa dekbay nya kegedean. Mungkin makanannya banyak ke dekbay nya sih (berpikir positif aja :p). Pengecekan usg pun kembali ke bagian selangkangan. Disuruh nebak, si suami ga berani. Akhirnya saya nebak si dekbay cowok soalnya ada yang nonjol dan ternyata bener. Jadi mulai sekarang, bisa dong si dekbay nya dipanggil dengan calon nama yang kami persiapkan untuk bayi cowok :p (It’s a boy!)

Oh iya, sehari setelah kontrol 25 minggu, saudara saya menanyakan (sekaligus menyarankan) mengenai konsumsi prolakta. Saya sih bilang kalau saya gak dikasi prolakta, dikasinya obipluz. Obipluz ini mengandung berbagai macam vitamin, asam folat bahkan DHA & EPA (lihat dari komposisinya). Vitaminnya anyway bikin mual. Jadi selam amengkonsumsi, kalau hitung-hitung sekitar 4-5 kali saya muntah. Akhirnya diakal-akalin, saya mengkonsumsi nya setelah makan siang (sekitar satu jam) soalnya kalau setelah sarapan, agak mual.

Saat kontrol ini (minggu 29), saya tanyain dokter. Kata dokter sama saja (syukur deh vitamin ini dikasi dari umur 9 minggu). Dokter pun mengiyakan vitamin nya bikin mual jadi kalau si dokter konsumsi, konsumsi nya pas mau tidur. Malah ke pasien sebelumnya, si dokter bilang obipluz ini lebih bagus.who knows lah ya

Kontrol selanjutnya mulai deh kontrol per 2 minggu. Jadi, ketemu dokter lagi deh 2 minggu mendatang.

Image Sources :

http://imgkid.com/baby-boy-hat.shtml

http://susanbartolini.com/2012/05/baby-boy-sneak-peek-boston-baby-photographer/

https://www.etsy.com/market/baby_boy

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Pregnancy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

