Pregnancy Review – Week 32

Untitled-1800Sekarang kontrol nya per dua minggu. Dekbay nya sudah 32 minggu 4 hari. Masih kontrol di RS yang sama,i.e. RS Carolus tetapi beda dokter. Setelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya kami memilih dr.Seno Adjie dari beberapa dokter yang praktek hari sabtu. Tidak terlalu banyak review tentang dr.Seno. Namun dari beberapa review yang saya baca, beliau adalah dosen di FK UI jadi praktek juga di RSCM. Selain itu, beliau juga praktek di RS Bunda Menteng.  Kata suster di Carolus sih rata-rata dokter di Carolus pro-normal semua.

Ga ada masalah , concern atau keluhan yang berarti dengan dokter sebelumnya sih cuma ga kuaaaaat sama antriannya cyyyiiiiiin. Oh iya, kemaren pas ke RS nyampe sekitar jam setengah 3 lewat, ngeliat dr.Herbert baru keluar dari ruangannya padahal jadwal prakteknya sampai jam 12.

Pertama kalinya saya dapat giliran no.1 untuk konsult (loncat-loncat kegirangan). Satu hal yang saya senang dari dr.Seno, beliau on time datang nya jadi saya ga perlu nunggu lama banget.

Ditanyain ada keluhan atau gak, saya sih bilang ga ada. Dokternya kemudian cek jantung. Puji Tuhan jantungnya ok (dulu sih pas cek tiap 2 minggu, selang seling cek jantung & USG). Kemudian dicek USG, semuanya normal. Menurut saya sih, dokternya lagi mempelajari kondisi ibu dan bayi. Yaeyalah secara udah hamil gede baru pindah. kikikikik….

Setelah diukur, lingkar kepalanya seukuran bayi umur 35-36 minggu. Berat dekbay diukur imagespake USG 2,3 kg (naik 0,9 kg dibanding 3 minggu yang lalu) padahal berat badan saya cuma naik 1,5kg cyn. Memang dokternya masih meraba-raba. Setelah USG, dokter juga memegang perut saya (mungkin mengecek posisi bayi). Dia sih percaya aja catatan sebelumnya bahwa umurnya 32 minggu. Jadi si dekbay dikategorikan bayi besar. Emang sih kalau ukur berat badan pakai dimensi ada banyak faktor yang mempengaruhi termasuk kantong nya juga dong.

Waktu tanya jawab juga berjalan dengan lancar. Kata dokter, bayi besar sebagian besar disebabkan oleh genetika. Ya dokternya sih ga maksa banget diet cuma boleh dicoba. Kurangi yang manis dan karbo. Oh iya, kepala si dekbay juga di bawah. Nah kata dokter ga perlu jongkok-jongkok ntar muter. Senam hamil, ya yoga juga boleh dilakukan.

Kemudian kami juga menceritakan rencana kami pindah rumah ke bogor. Ya ga jauh kayak pindah ke Medan (kata dokternya). Kata dokter, waktu kontraksi sih umumnya 12 jam sebelum lahiran. Ibu di Bandung pun masih bisa lahiran di Jakarta. Harusnya sih aman. Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya macet (who knows kan) jadinya ga bisa cepet ke RS atau lahirannya cepat. Jadi pak dokternya juga ga menyarankan banget. But somehow, saya masih yakin berangkat ke RS dari Bogor😀

Saya juga bertanya mengenai ketuban pecah dini. Well, kata beliau tidak ada penyebab yang pasti mengenai ketuban pecah dini. Berarti banyak-banyak berdoa biar semua lancar dan bisa lahiran normal ya.hehe…

Menurut dokternya, 3,5 kg – 4 kg bisa kok lahiran normal. Namun, umumnya orang Indonesia bisanya 3,5 kg apalagi ibu tidak begitu tinggi (hiks). Vitamin yang diberikan dokter masih sama, obipluz untungnya udah bisa diakalin biar ga mual.

Nah dokter juga cuma bisa memperkirakan waktu lahiran tetapi pas kejadian, bisa lebih cepat atau lebih lambat. 70-80%, ibu bakal ditangani oleh dokter yang ibu konsultasi. Karena lahiran bisa saja terjadi tidak sesuai dengan perkiraan, ada kemungkinan dokter yang selama ini kita konsultasi tidak di tempat dan berhalangan, jadi ditangani dokter lain. Well, ini kejadian kok di seluruh dunia, dokter yang jaga atau yang ada harus siap sedia melayani pasien yang belum dia tangani selama pre-natal.

Mohon doa nya ya biar bisa bersalin normal, ga ada jahitan, ga perlu tunggu lama-lama banget dan lancar. Amiiiin.

Image sources :

http://www.janetpowerphotography.com

http://tristanquigleyphotography.com

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Pregnancy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s