Pregnancy Review – Week 34

pregnant-diary-rex-1340980848Masih di dokter yang sama, dr.J.M Seno Adjie. Cukup kagum sama dokternya karena dokternya ontime dan gak perlu ngantri lama. Janin sudah berumur 34 minggu 4 hari ketika dikontrol. Kontrol kali ini, dokter pertama mengecek jantungnya dengan alat khusus (setelah gugling, namanya doppler -kalau salah mohon dikoreksi). Puji Tuhan jantung nya normal. Seneng banget denger jantungnya.Hehe.

Oh iya, kemarin waktu nimbang berat badan, berat saya turun 1,5kg jadi kembali ke 66kg (kalau mau tips nya gimana nurunin berat bedan dalam 2 minggu, bisa japri saya.wkwk). Diet saya adalah mengurangi gula dan karbohidrat, protein masih tetap banyak (sedikit lebih banyak malah) dan sayur yang banyak. Syukurnya si dekbay mulai doyan sayur. Karena menurut saya gula dan karbo udah gak gitu butuh apalagi gula buatan (mending gula buah ya cyin) dan untungnya saya lebih doyan air putih daripada teh manis.

article-2540516-1AB3D51B00000578-227_964x884Setelah dicek jantungnya, dokter kemudian mengecek USG. Semua nya normal dan kepala si dekbay sudah mulai turun. Jadi kata dokter, bisa lahir normal? bisa tetapi pasti lahir normal? kita perlu cek lagi. Soalnya ada beberapa pasien dokter yang sudah teridentifikasi caesar karena ari-ari nya di bawah dan posisi bayi yang sungsang. Setiap cek USG, si dokter ngecek jenis kelamin bayi. Katanya sih laki-laki. Si dokter katanya setiap cek USG, pasti memastikan jenis kelamin bayi. Ada lho beberapa bayi yang dicek laki-laki (soalnya nonjol) malah jadi perempuan. Nah bingung kan? Biasanya perempuan jadi laki-laki krn monasnya baru kelihatan. Kata dokter, ada beberapa bayi cewek yang klitorisnya menonjol makanya pas di-usg dikiranya laki-laki.Namu, kata dokternya, si dekbay udah pasti laki-laki soalnya skrotum nya kelihatan.

Setelah itu, dokter mengecek kepala dekbay. Kata dokter, kepala dekbay agak gede. Bukan kelainan, tetapi genetika (ada kan orang-orang yang kepalanya agak gede). Nah, menentukan berat bayi pake USG itu dengan mengukur kepala dan badan bayi. Kalau berdasarkan usg sih, berat dekbay naik jadi 2,9kg (Nah, berarti berat badan saya turun lebih dari 1,5 karena adek bayi nya naik berat badannya). Namun kata dokternya, bayi saya gak gede-gede amat, standar lah, kepalanya agak gede aja. Jadi untuk mastiin lagi, dokternya ngukur manual ke perut pake tangan. Setelah diukur, kata dokter paling 2,4 – 2,5 kg. Karena bayi nya bukan bayi besar, jadi dietnya biasa aja kata dokter. Thanks dokter! Kemaren pas diet berat, malah super pengen yang manis-manis. Bener juga ya katanya yang kalau dilarang malah pengen. Sekarang udah biasa aja, malah ga ada keinginan makan yang manis-manis.

Pas kontrol kali ini, saya nanya dokter, kira-kira udah perlu minum air kelapa ijo gak dok. Kata dokter, secara ilmu kedokteran sih air kelapa gak ngaruh ya. Coba di Eropa & Amerika, ga ada air kelapa tapi aman-aman aja tuh katanya. Daerah kita kan daerah tropis, yang keluar rumah bentar, kena panas udah keringatan jadi butuh cairan. Air kelapa ya karena sifatnya cairan dan elektrolit jadi bisa untuk mengganti ion-ion tubuh yang hilang. Sekarang kan sudah banyak minuman isotonik yang dijual. Kata dokter, gak papa tuh ibu hamil minum isotonik (tapi saya lebih percaya air putih dan air kelapa dok.Hehe).

Ketemu dokter 2 minggu lagi. Mohon doanya biar semuanya lancar ya🙂

Anyway, udah ditanyain mulu kapan cutinya nih padahal masih lama ya. Haha

Gambar diambil dari sini dan sana

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Pregnancy. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pregnancy Review – Week 34

  1. agipras says:

    Wah Jo, udah mau bersalin aja loe.
    Semoga dekbaynya sehat-sehat selalu dan lancar persalinannya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s