Pregnancy Review – 36 Weeks 4 Days

baby-cute-touch-headSabtu kemarin, 28 Maret 2015 waktunya kontrol kembali ke dokter. Puji Tuhan tidak ada keluhan khusus dan semua nya normal. Berat badan saya naik 0,5 kg menjadi 66,5 kg. Jantung si janin juga normal ketika dicek menggunakan doppler. Begitu juga dengan tubuh si janin ketika diperiksa menggunakan USG. Cuma ya seperti minggu lalu, kepala adek bayi sedikit lebih besar. Hal ini normal karena tidak ditemukan cairan (seperti gejala hydrocephalus). Jadi kepala yang agak gede ini turunan. Ternyata yang dimaksud dokter agak gede adalah kepalanya lebar, jadi ukuran antara sisi kiri dan sisi kanan kepala agak lebar (hmmm…. jangan-jangan turunan omanya :p). Jadi kalau diukur dari kepala, udah week 38 tetapi kata dokter besar bayi nya masih normal sekitar 2,7 kg.

Kepala si adek bayi belum turun😦 Kalau masih bisa dipegang (kata dokter sambil menunjukkan area di dekat selangkangan), berarti masih di daerah tersebut. Kalau sudah turun, tidak bisa diraba lagi. Kata dokter sih masih normal. Biasanya turun sekitar minggu 36-37. Kepala belum turun pun sebenarnya bisa lahiran normal cuma memang lebih lama prosesnya.

Biar turun kata dokter perbanyak jalan kaki. Saya tanya, kalau jongkok gimana dok? Boleh. Maksudnya ngepel jongkong, nungging gitu. Nah kalau itu gak boleh kata dokter karena nungging itu untuk yang kasus sungsang sehingga posisi bayi muter. Ntar kalau nungging, malah jadi sungsang lagi. Jongkok bisa membantu adek bayi masuk karena ada gravitasi.

Menurut dokter, berat bayi masih di batas normal jadi diet nya biasa aja paling karbohidrat nya tidak terlalu banyak. So far, secara keseluruhan sih normal dan tidak ada yang perlu di-khawatirkan.

Karena lagi musim dukuh dan kepingin, jadi nanya dokter boleh gak makan dukuh. Kata dokter sih tidak masalah. Malah kata dokter, durian pun aman sebenarnya. Durian adalah buah berprotein tinggi. Alkoholnya tidak perlu dikhawatirkan karena alkohol nabati. Yang agak dipikirkan adalah gas yang ditimbulkan membuat tidak nyaman.

Dokter juga menyarankan kalau ada apa-apa, bisa langsung ke rumah sakit dan ketemu Tdokter manapun. Kalau tengah malam pun, bisa langsung ke kamar bersalin nanti susternya yang telpon dokternya. Dari beberapa blog yang saya baca, biasanya dokter akan ngasi surat pengantar untuk mendaftar di kamar bersalin. Nah jadi pas kontrol ini saya minta surat pengantar ke dokter.

Dari dokter kami ke ruang administrasi yang di sebelah apotek 24 jam. Ternyata daftarnya bukan di bagian itu, kami kemudian diarahkan ke kamar bersalin Immanuel. Di kamar bersalin, ketemu beberapa ibu-ibu yang sudah pakai sarung & kain panjang, sepertinya udah siap melahirkan. Ketemu suster, kami diberikan formulir untuk pendaftaran. Pemilihan kelas bisa nanti saat melahirkan. Setelah formulir selesai, suster kemudian menjelaskan ciri-ciri kapan ibu harus ke rumah sakit (dan langsung ke kamar bersalin). Setelah itu, suster kemudian menjelaskan perlengkapan yang perlu dibawa. Sebagian besar perlengkapannya adalah untuk ibu seperti baju kancing depan, sarung/kain panjang, gurita ibu dan peralatan mandi. Sementara untuk adek bayi cuma perlu membawa pakaian,dll yang dipakaikan ketika pulang dari RS. Setelah itu, kami ke bagian administrasi untuk membayar biaya pendaftaran. Sayangnya, kami tiba jam 16:16 sedangkan bagian administrasi tutup jam 16:00 untuk hari Sabtu & Minggu. Akhirnya kami ke kasir untuk membayar biaya pendaftaran. Mengenai biaya kelas, bisa ditanya ke bagian administrasi atau mengirimkan email ke humas@rscarolus.or.id.

Besoknya ketemu temen, trus sharing-sharing masalah pengecekan si adek bayi. Nah selain jalan pagi, dia juga menyarankan banyak jongkok karena dalam senam hamil pun diajarin. Jongkok bisa membantu adek bayi masuk ke rongga rahim.

Mohon doanya ya biar si adek bayi nya bisa turun dan lahir normal.

* gambar diambil dari sini dan sini

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Pregnancy. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pregnancy Review – 36 Weeks 4 Days

  1. angginess says:

    yang sehat ya joice, semoga lancar sampai hari lahiran. GBU🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s