Dibutuhkan vs Diinginkan

By : Pdt. Antonio Yusuf

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah   dan kebenarannya , maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:33)

Tuhan akan memberikan apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan, di mana kebutuhan kita selaras dengan keinginan Tuhan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERAAda satu cerita di Alkitab mengenai kebutuhan dan keinginan ini. Cerita tersebut ada di dalam Markus 2:1-5. Ada seorang lumpuh di Kapernaum. Ketika si lumpuh dan temannya tahu Yesus datang, mereka kemudian membawa si lumpuh. Empat temannya tidak putus asa, mereka berusaha agar temannya bertemu dengan Tuhan. Ketika Tuhan bertemu si lumpuh, perkataan pertama Tuhan adalah dosamu sudah diampuni. Sepertinya tidak nyambung dengan tujuan si lumpuh bertemu Tuhan. Si lumpuh pasti inginnya disembuhkan. Namun, Tuhan terlebih dahulu memenuhi kebutuhan kita lalu kemudian keinginan kita dipenuhi jika sesuai dengan keinginan Tuhan. Jika kita baca kelanjutannya, kemudian keinginannya untuk sembuh dipenuhi.

Contoh lain dalam Alkitab ada di dalam Yohanes 3:1-3. Nikodemus yang masih cukup nikodemusmuda datang kepada Yesus. Nikodemus memiliki keinginan yaitu minta pengurapan seperti Yesus. Yesus menatap Nikodemus dan berkata bahwa kebutuhan Nikodemus adalah mengenal Yesus, memiliki hubungan yang intim maka keinginannya yaitu pengurapan akan terjadi. Seringkali kita kejar pengurapannya bahkan kita sampai mengejar hamba Tuhannya dengan melupakan bahwa kebutuhan kita adalah mengenal Yesus dan memiliki hubungan yang intim dengan Nya.

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup,   dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10)

Hidup berasal dari kata zoe yang artinya zona Illahi di mana tidak ada pihak luar yang dapat mengganggu. Contohnya adalah Yesus dapat tidur dengan lelap saat badai datang.

Kelimpahan berasal dari kata peruzo yang memiliki dua arti : (1) In quality more than super (2) In quantity uncounted.

Yang kedua dapat dipenuhi jika yang pertama dilakukan terlebih dahulu. Kalau no (1) dijaga maka no (2) pasti datang. Kita sering berdoa pemulihan ekonomi, bagaimana kualitas persembahan kita? Kita sering berdoa pemulihan keluarga, promosi, bagaimana kualitas perkataan kita di keluarga dan kantor? Seringkali orang hanya mengejar no (2) tanpa memperhatikan no (1).

Berbahagialah orang  yang tidak berjalan  menurut nasihat orang fasikyang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk  dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN , dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam . Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil (Mazmur 1:1-3)

Ayat 3 ada karena ditopang ayat 1 & 2. Kalau kita melakukan ayat 1 & 2, maka ayat 3 otomatis datang.

 

Source Image :

https://sangsabda.wordpress.com

http://winarto.in/

 

Advertisements

About joice

I am girl, sweet, attractive, charming
This entry was posted in Divinity. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s