Sabun Pencuci Muka

Kulit wajah saya termasuk jenis kulit berminyak sehingga konsekuensinya, berjerawat. Saya mulai berjerawat ketika puber , yaitu sekitar SMP Kelas 2. Akhir SMA, jerawat saya sudah mulai berkurang tapi yang jadi masalah adalah bekasnya. Kulit saya pun tidak terlalu oily . Ketika kuliah, saya di sebuah kota berudara dingin sehingga kadang muka saya malah kering. Dari awal puber hingga kuliah, saya sudah mencoba berbagai macam sabun utamanya sabun yang katanya untuk kulit berjerawat. worked? not really.

*well, prolognya kebanyakan ini 😀 *

Kemudian, sekitar tingkat 2 akhir saya akhirnya ke sebuah beauty center untuk “mengobati” kulit saya khususnya bekas jerawat. Saya cuma dikasi krim pagi, krim malam, toner dan tirai (sunblock) tetapi tidak diberi pencuci muka. Katanya sih yang penting cocok. Saya ingat teman saya menggunakan sabun bayi untuk mukanya karena kulit bayi cukup sensitif , jadi sabunnya pasti “lebih hati-hati”. Dulu waktu jerawatan, saya pernah mencoba but it doesn’t work.Ternyata berbarengan dengan merawat kulit muka menggunakan krim2an dari beauty center tersebut, sabun bayi cocok untuk saya.

Saya menggunakan sabun bayi ini bahkan sampai saya bekerja. Setelah 1 tahun bekerja, saya berpikir * pikirannya agak norak, nyeleh atau aneh kali ya* busyet, udah kerja sabunnya masih sabun anak-anak, bayi pula. ga gaya nih ah. Kemudian saya mencoba sabun muka lain *ini sabun remaja sih* karena kata teman saya, sabun ini produk johnson&johnson yang juga memproduksi sabun bayi. Jadi intinya, beralihnya perlahan-lahan. Tetapi, muka saya rasanya kurang bersih dari minyak. Waktu menggunakan sabun bayi, muka saya terasa lebih bersih dari minyak, keset dan halus. Selain itu, ketika menggunakan sabun wajah remaja ini, muka saya lebih rewel, lebih berminyak, lebih jerawatan dan lebih kotor. Saya berpikir, apakah karena Jakarta lebih berpolusi, lingkungan kerja yang kurang mendukung, penggunakan kosmetik dan penggunaan tirai. Atau karena tirai yang sekarang lebih oily?

Dari teman saya dan info di internet, saya mengetahui bahwa tea tree oil ternyata juga digunakan sebagai antiseptik, obat jerawat (tepatnya mengeringkan dan membuat jerawat kempes) dan berbagai fungsi lainnya. Selain itu, aspirin juga berfungsi mengeringkan jerawat. Akhirnya dengan berbekal ilmu itu, saya mengganti pencuci muka saya dengan produk yang mengandung tea tree. Muka saya lebih kesat dibanding ketika menggunakan sabun remaja tersebut tetapi kalah kesat dibanding sabun bayi. Tidak terlalu kesat tetapi membuat muka saya kering bahkan memerah *ga tau ini tanda peradangan atau bukan* sehingga muka saya terlihat kusam dan berkelupas. Jerawat saya juga masih betah-betah aja di muka. Akhirnya saya mencoba menggunakan aspirin seperti yang pernah dikatakan teman saya . Saya menggunakan aspirin yang dicampur dengan tea tree oil dan lidah buaya. Katanya, aspirin dan tea tree saja bisa membuat kulit kering sehingga sebaiknya dicampur dengan madu atau lidah buaya. Namun karena punya pengalaman buruk dengan madu, saya menggunakan lidah buaya.  Saya hanya mengaplikasikannya pada jerawat saja, tidak seluruh wajah karena kebetulan muka saya tidak terlalu oily . Saya juga hampir setiap malam mengolesi tea tree pada jerawat saya. Lumayan kering, tetapi berbekas >.< *well, actually muka saya hobi mengoleksi bekas2 * Mengenai sabun, saya akhirnya memutuskan untuk kembali ke sabun bayi. Selain lebih bersih, muka saya *moga2* seperti kulit bayi dan tetap awet muda :p Terbukti, muka saya lebih cocok dengan sabun bayi. Lebih murah, lebih bersih :))

Moral dari cerita ini adalah : Gunakan pencuci muka yang memang terbukti cocok dengan kulit anda 😀

Selain bercerita mengenai pengalaman saya dengan pencuci muka, saya juga ingin berbagi hasil investigasi saya ke dokter saya *halah*

1. Jika tidak dibutuhkan, hindari tirai ( sunblock) atau fondation. Sunblock *kebetulan somehow, si sunblock sekarang lebih berminyak* mengandung minyak sehingga membuat kulit lebih berminyak dan menangkap debu.

2. Masalah make up. Biasanya, wanita menghindari make up ketika kulit mereka bermasalah. Kata si dokter, kalau selama ini sudah biasa harusnya ga bermasalah. Paling yang perlu diperhatikan adalah bedak. Ganti bedak menjadi bedak compact biasa *bukan two way cake* atau bahkan bedak tabur.

3. Cuci muka. kalau memang kulit terasa sangat berminyak, boleh saja lebih sering mencuci muka asal jangan sampai kering. Perhatikan juga sabun yang digunakan, harus cocok. Jangan menggunakan air hangat karena dapat memperbesar pori-pori sehingga dapat tersumbat nantinya.

4. Kalau muka lagi jerawatan, respon kita harusnya jangan berlebihan. Karena saking pengen hilangin jerawat, kita menggunakan semua produk yang ditujukan untuk jerawat. Akhirnya produk ini membuang semua minyak yang ada pada kulit akibatnya kulit menjadi kering.

5.  Well, she knows about aspirin masker adn tea tree oil. Awalnya dia agak heran waktu saya mengatakan kadang menggunakan aspirin untuk membantu menghilangkan jerawat. Well, dia bilang memang aspirin itu memang dapat mengeringkan. Dia makin heran ketika saya mengatakan saya menggunakannya bersama tea tree oil karena menurutnya, kedua bahan tersebut berfungsi untuk mengeringkan jerawat dan antiseptik. Namun, kalau digabungkan menjadi suatu campuran yang sangat keras dan bisa mengeringkan kulit. Akibatnya, dapat menimbulkan bekas.  Dia agak lega ketika saya mengatakan bahwa campuran itu hanya saya aplikasikan pada jerawat saya bukan seluruh muka.  Dia berkata, boleh-boleh saja menggunakan aspirin+tea tree oil  jika diaplikasikan hanya pada jerawat *boleh ke seluruh muka jika oily banget* dan sesekali saja.

Moral dari hasil investigasi ini : Don’t be panic when you attacked by pimples. Be careful with the products and prefering products that proven fit with your skin face.

Images were taken from :

http://www.essentialoilindia.com

http://jokosetiyono.blogspot.com

http://3.bp.blogspot.com

About joice

Sweet, attractive and charming girl. Choleric-Sanguine, Dominant-Influent, ESTJ - A (used to be ENTJ)
This entry was posted in My Stuff. Bookmark the permalink.

45 Responses to Sabun Pencuci Muka

  1. rosidah ulfa says:

    sabun bayinya merk apa?

  2. joice says:

    merek apa aja sih…
    hehe

  3. Modjaes says:

    Mantapppp… 😉

  4. Syifa says:

    Bleh jg,,, kebetulan kulit saya sangat2 berminya,,, n klo pke sabun wajah,, malah jrawatan,,, aneh memang,jd slma ne g pernah pke sabun cz takut,,, >.< Sooo… pen nyoba sarannya deh 😀

    • joice says:

      Kalau berminyak boleh coba tea tree oil. Kalau sensitif, mungkin bisa pakai sabun bayi.
      Konsultasi paling manjur ya tanya dokter kulit atau yang punya ilmu mengenai kulit 🙂

  5. hadi says:

    “Jika tidak dibutuhkan, hindari tirai ( sunblock) atau fondation”.
    Tambahannya nih untuk jenis produk comedogenic, yaitu sebaiknya menghindari juga cleansing milk.
    Atau bila tetap menggunakan cleansing milk, maka segera sesudahnya gunakan astrigen atau toner wajah.

    Sumber: Perawatan kulit berminyak
    Cara menghilangkan jerawat

  6. Pat says:

    Kalau boleh tau penggunaan aspirin & tea tree nya apakah ada merk tertentu yg bisa direkomendasikan? Thx

  7. candra says:

    siip, thnks, segera mncoba dgn sbun bayi 🙂

  8. nurina says:

    sabun nya yang cair atau yang padat? 🙂

  9. Nyanyaniia says:

    Aspirin dan tea tree oilnya itu cari di mana ya kalau boleh tau 😀

  10. putri says:

    Sabun bayi nya yg merek apa ? Makasih 🙂

  11. isna cipi says:

    kulit wajah saya berminyak dan sensitif mudah banget jerawatan.
    Saya udah banyak ganti pencuci muka. tapi hasilnya nol
    . jerawat saya benjol dan gatal. Saya mulai jerawatan 5 bulan yang lalu.

    Saya mau nanya ketika kakak berjerawat bedak merk apa yang dipake dan jenis apa? Makasih

    • joice says:

      Saya sudah lama pakai bedak Venus produksi Kimia Farma

      • suliyati says:

        kulit muka saya kering, satu minggu yang lalu aku pake’ pond,s age miracle, tapi muka sy banyak keluar jerawat padahal muka aku tidak berjerawat, bagaimana cara mengatasi kulit kering. tanks

  12. joice says:

    Silahkan konsultasi ke dokter kulit mbak 🙂
    Saya di sini hanya share pengalaman saya

  13. apa aja says:

    sippp.tks min,,sy akan kembali pada sabun baby,,,hehehehhehe,,jadi orok lg dah sy

  14. Raynard says:

    sabun bayinya merk apa sis ?

  15. Adel says:

    setuju banget ni. pengalamannya hampir sama dgn saya. akhirnya terima aja dengan kondisi wajah yang ga bisa sembarangan pake pencuci muka.
    sampe sekarang pake sabun bayi batangan untuk cuci muka..
    dan bedaknya cuma bisa cocok sm bedak bayi 😀
    kapan” bisa sharing lagi ney 🙂

  16. aini says:

    kalau pakek sabun bayi,sabun bayi aja.
    kalau pkek tea tree oik,tea tree oil aja gtu apa dua”nya dpakai.?

    • joice says:

      Tea tree oil itu semacam obat untuk nyembuhin. Kalau sabun bayi ya untuk pembersih muka aja. Pakai dua dua nya gapapa. Tapi sekarang saya ga pake tea tree oil lagi

  17. dhia says:

    kapan mbak kita pakai sabun bayinya? apakah setiap mandi atau 2x sehari?

  18. ilmi says:

    mbak pakai sabunnya berapa kali sehari? atau ada waktu2 tertentu gitu?

  19. aiyt says:

    kak, tipe kulit aku ini berminyak, jerawat kecil kecil, terus ada komedo gitu. Tipe kulit aku termasuk yang sensitif. Nyari sabun cuci muka yang cocok susaaah banget, sampe sekarang ga ada yang cocok gitu, malahan bekasnya itu susah banget buat diilangin, setiap pake sabun cuci muka selalu aja timbul jerawat. Kira kira aku coba sabun bayi gak ya kak?

  20. yunilenoranainggolan says:

    hay kak , sabun baby nya cussons batangan kan ? trus kakak pakai pelembab apa kmaren soalnya wajah saya selain sedikit jerawatan jugak ada flek hitam , dan kusam kak . kira.kira cocok gag aku make baby cussons batangan + tea tree oil ? trims !

  21. kunaepi sidik says:

    kakak atau teteh sih hehe 😀 merk sabun bayinya apa? *yang kakak pake ya 😀 hehe

  22. fani says:

    untuk kream/pelembab mukax kakak biasax pake apa?

    • joice says:

      saya ga pake. pernah tertarik mau nyoba pelembab viva yang green tea tapi sampai sekarang blom nyoba karena ga nemu :))

  23. Desy Dwi Lestari says:

    Kak? Kalo pake sabun bayi di barengin sama facial foam garnier boleh ga ya?

  24. teni says:

    Kak kulitku berminyak dan kering.. Usia ku 15thn bagusnya pake sabun pencuci muka yang apa ya atau merk nya apa?

  25. Rizal Permana says:

    mau nanya nih, kira” pemakain sabun bayi yang baik itu berapa kali dalam sehari ?

  26. Hastri says:

    Ka, sabun batangan cussonsnya yang warnanya kuning bukan bungkusnya?

  27. evi says:

    saya lagi nyoba sabun batang cussons yang warna pink nih teh, pelembapnya saya fairly lovely. moga moga ccok sabun bayi nya yA

Leave a comment